Resep Soto Ayam Santen Anti Ribet

Soto Ayam Santen. Ini merupakan Soto Ayam kuah santen buatan rumahan yang tentu saja bisa kita buat sendiri dirumah & sudah pasti rasanya lezaat. Assalamualaikum mom, hari ini aku mau buat bubur mpasi untuk adek ali yang udah mulai makan dan lanjut masak menu makan siang yaitu soto ayam santen yang. Resep Soto Ayam Santan Gurih Pedas Sederhana Spesial Asli Enak.

Soto Ayam Santen Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam Bedanya, soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan. Masakan soto ayam santan enak lezat sederhana bumbunya. Inilah resep soto santan lengkap dengan cara membuat bumbu kuah soto ayam yang mantap. Cara membuatnya tidak susah Soto Ayam Santen menggunakan 16 bahan dan 10 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Soto Ayam Santen

  1. Siapkan 1/2 ekor ayam (saya bagian biar suir suir nya enak).
  2. Dibutuhkan 1 bungkus santan sun kara 65 ml (bebas mau santen apa aja).
  3. Dibutuhkan bihun.
  4. Dibutuhkan 5 lembar daun jeruk.
  5. Siapkan 3 lembar daun salam.
  6. Siapkan 2 sereh (geprek).
  7. Siapkan 2 ruas lengkuas (geprek).
  8. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  9. Siapkan 2 sdt garam.
  10. Dibutuhkan 1 sdt kaldu bubuk (saya pakai royco).
  11. Siapkan Bumbu Halus.
  12. Dibutuhkan 2 ruas kunyit.
  13. Siapkan 4 butir kemiri sangrai.
  14. Dibutuhkan 7 siung bawang merah.
  15. Siapkan 4 siung bawang putih.
  16. Dibutuhkan 1 ruas jahe.

Soto ayam memang merupakan makanan yang akan sangat umum kita jumpai di daerah jawa, begitu pula soto ayam santan dari kelapa yang akan membuatnya semakin terasa. Soto ayam dengan kuah santan yang sangat populer di Medan ini wajib untuk dicoba. Biasanya banyak yang menamainya soto ayam medan walaupun sebenarnya di daerah. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname.

Langkah Pembuatan Soto Ayam Santen

  1. Cuci bersih ayam & rebus hingga matang, beri garam 2 sdt. Buang sisa kotoran ayam (suka muncul kotoran ngambang diatas)..
  2. Buat bumbu halus & tumis dengan lengkuas, sereh, daun jeruk & daun salam sampai wangi..
  3. Setelah ayam matang, angkat & suir suir ayam nya. Air bekas rebusan jangan dibuang..
  4. Tumisan bumbu halus yang sudah harum tuang kedalam air rebusan ayam. Masukkan royco 1sdt & ketumbar bubuk 1 sdt..
  5. Tuang santan instan, jangan lupa terus diaduk dan api kecil yaa biar santan ga pecah. Kalo mau kuah semakin kentel, santan nya boleh dibanyakin. Sesuai selera aja..
  6. Masukkan suiran ayam ke dalam kuah. (kalo saya sisa tulangnya pun juga saya masukkin, karna saya ngga suir ayam sampai bersih ketulang2, sengaja saya sisain dikit di sekitaran tulang karena saya suka grogotin tulang. 😁).
  7. Koreksi rasa, apabila masih terasa kurang, beri tambahan bumbu sesuai selera. Apabila sudah matang dan rasa sudah pas, matikan kompor..
  8. Rebus bihun terpisah..
  9. Sajikan soto ayam dengan bihun, dan sambal. (saya bikin sambelnya cuma cengek diulek kasar + air sedikit.).
  10. Selamat mencoba! 🥰.

Soto ayam santan tidak menggunakan tauge dan bihun sebagai pelengkap. Namun, memakai potongan kentang goreng, tomat, irisan daun bawang, dan tentunya irisan ayam. SOTO ayam memang sangat dimakan bersama keluarga, apalagi ketika masih hangat. Melansir akun debbie_ariesthea di Instagram, coba deh membuat soto ayam santan. Resep Soto Ayam Santan. ©Creative Commons/Gunawan Kartapranata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Soto Ayam Santen Anti Ribet"

Posting Komentar