Cara Membuat Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal Legit dan Nikmat

Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal. Inibaru.id - Selain Cirebon, nasi lengko juga banyak ditemukan di beberapa kota di jalur pantura lainnya seperti Indramayu, Brebes, dan Tegal. Memiliki ciri khas tersendiri, jika kamu berwisata di Tegal, nggak lengkap rasanya jika nggak menjajal hidangan satu ini. Nasi Lengko adalah salah satu makanannya tradisional yang berasal dari daerah CIREBON yang didalamnya terdapat tahu, tempe, daun kucai, timun, tauge, dan.

Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal Nasi lengko khas Cirebon ini memadukan nasi putih dengan lauk dan sayur sederhana yang dipotong-potong, seperti tahu dan tempe goreng, timun, tauge, daun Selain di Cirebon, sajian ini juga cukup populer di daerah seputar pantai utara Jawa, seperti Indramayu, Tegal, dan Brebes. Nah, ngomong- ngomong soal nasi Lengko, kali ini kita akan bahas cara membuat nasi lengko khas dari Jawa Barat. Nasi lengko ini berada di diberbagai daerah misalnya Indramayu, Brebes Tegal, Cirebon dan daerah lainnya. Cara membuatnya tidak susah Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal menggunakan 18 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal

  1. Siapkan 150 gr toge.
  2. Siapkan 1 bh timun ukrn sedang.
  3. Siapkan 1/2 papan tempe (hrga 5rb).
  4. Siapkan 6 bh tahu putih.
  5. Siapkan Bumbu siram kacang: (haluskan).
  6. Dibutuhkan 1 genggam kacang goreng.
  7. Dibutuhkan 3 bh cabe merah kriting.
  8. Dibutuhkan 5 bh cabe rawit.
  9. Siapkan 2 bh bawang putih.
  10. Dibutuhkan 2 bh bawang merah.
  11. Dibutuhkan 5 lembar daun jeruk.
  12. Siapkan 1/2 sdt Garam.
  13. Dibutuhkan 1 sdm gula aren/merah.
  14. Dibutuhkan Bumbu tambahan : secukupnya.
  15. Siapkan Bawang goreng.
  16. Dibutuhkan Kucai.
  17. Dibutuhkan Kecap manis.
  18. Siapkan Krupuk.

Namun, dari sekian banyak daerah yang terdapat nasi lengko ini pasti. Nasi lengko atau sego lengko merupakan nasi bungkus khas Cirebon dimana di dalamnya terdapat nasi putih , tempe, tahu, potongan mentimun, tauge, daun kucai , taburan bawang goreng dan bumbu rujak yang pedas. Ciri khas nasi lengko atau sego lengko yaitu tahu dan tempe yang dipotong. Sega Lengko (Nasi lengko in Indonesian, Lengko rice in English) is a typical cirebonese dish in Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal and surrounding areas.

Langkah Pembuatan Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal

  1. Goreng tahu dan tempe yang sdh di potong dadu dan yang sebelumnya d rendam bumbu (garam & merica). Sisihkan.
  2. Toge d cuci dan d rendam dengan air panas selama 10 menit. Sisihkan.
  3. Cacah/potong dadu kecil timun. Sisihkan.
  4. Bumbu kacang siram: haluskan kacang tanah yg sdh goreng, bawang putih, bawang merah, cabe2an, jika menggunakan blander air bisa langsung d berikan saat akan ng.blander..
  5. Masak bumbu kacang siram yamg sudah halus dan jika kekentalan bisa tambahkan air. Masukan daun jeruk yang sudah d potong tulang daunnya. Biarkan sampai mendidih. Tambahkan garam dan gula. Sisihkan.
  6. Cara penyajian : ambil 1 centong nasi, taburkan tahu, tempe,toge,timun. Siram dengan bumbu kacang. Tambahkan kecap..
  7. Taburi dengan daun kucay yg sudah d iris tipis, daun bawang dan kerupuk yg sudah d krepek..
  8. Tips: paling enak klo d makannya d aduk semua dulu sampai merata. Dan bisa d sajikan dengan telor dadar.. emmm nyaamiii... 😘.

The ingredients are white rice (better hot), fried tempeh, fried tofu, cucumbers (fresh raw, chopped), bean sprouts (boiled), leaves of chives. Nasi Lengko merupakan makanan khas dari Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan daerah sekitarnya. Makanan ini terkenal dengan khas penyajiannya, yaitu nasi dihidangkan dengan dicampur bahan lainnya lalu disirami sambal kacang. Nasi Lengko khas Cirebon, sederhana namun kaya akan rasa dan warna. Nasi Lengko adalah salah satu dari begitu banyak kuliner lezat dari Kota Udang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Nasi lengko khas indramayu,cirebon,tegal Legit dan Nikmat"

Posting Komentar