Cara Membuat 02.Gethuk Ubi Pelangi Kekinian

02.Gethuk Ubi Pelangi. Getuk ubi ungu bisa dijadikan sebagai kudapan di tengah keluarga, maupun sebagai sajian untuk menjamu tamu. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk mendapatkannya. Cara atau proses membuatnya sederhana dan mudah.

02.Gethuk Ubi Pelangi Rebus gula merah beserta daun pandan, berikan sedikit garam dan aduk hingga merata. Resep Getuk Ubi enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti. Cara membuatnya tidak susah 02.Gethuk Ubi Pelangi menggunakan 5 bahan dan 11 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan 02.Gethuk Ubi Pelangi

  1. Siapkan 1 kg Ubi (5 buah sedang), cuci bersih dengan kulitnya.
  2. Dibutuhkan 1/2 buah kelapa muda, kupas kulitnya.
  3. Dibutuhkan 3 sdm gula pasir.
  4. Siapkan 2 sdt garam.
  5. Siapkan pewarna makanan (merah tua, kuning telur, hijau muda).

Kukus ubi hingga matang kemudian kupas kulitnya selagi panas, tumbuk hingga halus. Berbicara getuk, getuk sendiri terbagi menjadi dua macam. Yakni getuk biasa dan juga getuk lindri. Getuk biasa terbuat dari Getuk lindri paling enak dijadikan camilan sore hari bersama secangkir kopi atau teh.

Cara Pembuatan 02.Gethuk Ubi Pelangi

  1. Siapkan Ubi yang dicuci bersih dengan kulitnya (boleh di kupas dulu kulitnya, selera ya) dan 1/2 buah kelapa muda yg dikupas kulitnya dan cuci bersih..
  2. Parut Kelapa muda dengan model hasil parutan kelapa nya agak memanjang karena utk taburan. tambahkan 1 sdt garam dan aduk rata dengan parutan kelapa..
  3. Kemudian siapkan panci untuk mengukus Ubi dan kelapa parut yang dimasukkan dalam wadah tahan panas ya (saya plastik tahan panas yang di tusuk2 dengan garpu agar uap masuk dalam plastik). kelapa parut di kukus agar tidak cepat basi. Kukus bersama Ubi sampai matang/empuk kurang lebih 20-30 menit (tergantung jenis ubi ya)..
  4. Jika Ubi sudah matang bisa di cek dengan cara menusukkan garpu ke dalam ubi..jika saat menusuk sudah lunak masuk ke dalam ubi artinya Ubi sudah matang dan empuk, kemudian angkat dan diamkan sampai agak hangat. angkat juga parutan kelapa yang sudah dikukus dan tuang dalam wadah dr plastiknya supaya uapnya keluar (jika sudah pakai wadah terbuka cukup angkat dan diamkan).
  5. Setelah ubi agak hangat..kupas kulit ubi dengan bantuan garpu jika masih terasa panas. jika semua sudah terkupas kulitnya, siapkan mutu batu yang dibungkus plastik..
  6. Tambahkan 1 sdt garam dan 3 sdm gula pasir, kemudian tumbuk Ubi menggunakan mutu batu hingga halus..
  7. Jika sudah halus tes rasa (jika kurang bisa ditambahkan gula atau garam nya sesuai selera ya lalu tumbuk lagi agar menyatu dengan adonan Ubi), kemudian bagi 3 adonan Ubi..
  8. Beri masing-masing pewarna makanan merah tua, kuning telur dan hijau muda (saya masing masing 2 tetes pewarna).
  9. Aduk aduk masing-masing adonan hingga warna menyatu dengan Ubi jadi warna merah tua, kuning dan hijau muda..
  10. Kemudian ambil adonan Ubi secukupnya padatkan ditangan dan bentuk menjadi Bola Bola ukuran sesuai selera, ulangi sampai semua adonan Ubi masing-masing warna habis dibentuk Bola Bola, selanjutnya gulingkan bola Ubi dalam kelapa parut..
  11. Tata Bola ubi yang sudah digulingkan dalam kelapa parut di atas piring dan sajikan dengan hiasan daun pandan/yg lain selera saja yang penting cantikπŸ₯° Selamat Mencoba.

Jika ditelusuri, konon sebutan getuk lindri ini diambil. If it's not for a book Shannon showed me, I would've forgotten about this yummy snack I used to have back in those bus chasing days. Getuk ubi ungu ialah salah satu varian ubi-ubian yang yang terbuat dari ubi ungu. Bahan dasar ubi ungu kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Banyak sekali olahan makanan berbahan dasar ubi ungu, mulai dari keripik, kolak, dan makanan yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat 02.Gethuk Ubi Pelangi Kekinian"

Posting Komentar