Resep Sayur Asem Sunda Untuk Pemula

Sayur Asem Sunda. Resep sayur asem sunda yang berikut ini layak dicoba, biarpun belum ada kesempatan untuk ke Jawa Barat minimal sudah merasakan resep sayur asem asli sunda Jawa Barat. Lihat juga resep Sayur asem ulek enak lainnya. Setiap datang ke restoran sunda, menu sayur asem sudah pasti menjadi salah satu makanan khas favorit para pengunjung.

Sayur Asem Sunda Buat ibu ibu atau teman teman yang lagi gak punya waktu atau malas masak, resep sayur khas Sunda ini wajib dicoba. Dengan menggunakan bahan dan bumbu sayur asem sunda yang sederhana, kita bisa membuat masakan segar dan enak buat teman makan nasi di rumah. Cara membuat sayur asem khas sunda. Cara membuatnya cukup mudah Sayur Asem Sunda menggunakan 20 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sayur Asem Sunda

  1. Siapkan 2 buah jagung.
  2. Siapkan 1 buah labu siam besar.
  3. Siapkan 2 potong pepaya muda.
  4. Siapkan 2 potong nangka muda.
  5. Siapkan 4 untai kacang panjang.
  6. Siapkan Segenggam daun melinjo.
  7. Siapkan Segenggam buah melinjo.
  8. Siapkan 2 ruas ibu jari lengkuas, memarkan.
  9. Dibutuhkan 3 lembar daun salam, remas.
  10. Dibutuhkan 1 buah tomat merah.
  11. Siapkan 2 iris cabai hijau besar buang biji.
  12. Dibutuhkan 1500 mL air.
  13. Dibutuhkan 3 sdm Himsalt.
  14. Dibutuhkan Bumbu Tumbuk:.
  15. Siapkan 5 buah bawang merah.
  16. Siapkan 2 siung bawang putih.
  17. Dibutuhkan 3 buah kemiri sangrai.
  18. Siapkan 1/2 buah cabai merah besar buang biji.
  19. Siapkan 1/2 sdm Asam jawa.
  20. Siapkan 1/2 sdt gula merah.

Jika ingin lebih pedas bisa ditambah irisan cabe hijau. Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng. Dan ternyata.enak juga ya sayur asem bumbu ala Sunda gini ternyata.seger banget juga.walau aku tetep suka juga yang pakai bumbu kemiri.hihi.

Langkah Pembuatan Sayur Asem Sunda

  1. Cuci bersih sayur, potong sesuai selera, Tiriskan..
  2. .
  3. Siapkan bumbu² tumbuk, tumbuk agak kasar menggunakan cobek. Sisihkan..
  4. Siapkan air dalam panci, tunggu mendidih. Masukkan bumbu, jagung dan melinjo. Tunggu mendidih, masukkan potongan nangka, pepaya muda dan labu. Masak hingga mendidih..
  5. Masukkan kacang panjang, daun melinjo, cabai hijau dan tomat. Masak sebentar hingga meletup. Matikan api. Angkat. Tiriskan..
  6. Hilangkan uap panas, taburi dengan himsalt..
  7. Sayur Asam Sunda siap dihidangkan sebagai menu sayur makan siang. Lengkapi dengan lauk bercocolan sambal hijau..

Resep sayur asem Sunda asli biasanya disajikan bening walaupun banyak juga yang menyajikannya dengan kuah berwarna merah. Variasi ini tentunya semakin menambah keragaman sayur asem di tanah Pasundan yang disajikan sedap, sederhana dan nikmat. Yuk, simak bagaimana cara memasak dan resep sayur asem khas Sunda ini mampu membuat Anda bergoyang. Sayur asem termasuk sajian favorit banyak orang. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sayur Asem Sunda Untuk Pemula"

Posting Komentar