Resep Biji salak (candil ubi) Yang Gurih

Biji salak (candil ubi). Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan. "Biji salak berasal dari kuliner Betawi, terbuat dari bola-bola ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian direbus," jelas Pemerhati Untuk kuah, biji salak biasanya disantap bersama gula kelapa dan disiram santan kelapa. Sedangkan kuah candil biasanya dibuat dari bumbu gula kelapa. Semoga sehat selalu ya🤗 Kali ini Mommika mau share resep candil dari ubi ungu yang uenak banget cocok buat dijadikan takjil.

Biji salak (candil ubi) Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan. Sajikan kolak biji salak ubi ungi di rumah sebagai menu takjil buka puasa. Rasanya yang lezat dan nikmat akan membuat anda ketagihan. Cara membuatnya tidak susah Biji salak (candil ubi) menggunakan 16 bahan dan 11 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Biji salak (candil ubi)

  1. Dibutuhkan 350 gr Ubi jalar.
  2. Siapkan 10 sdm Tepung tapioka.
  3. Dibutuhkan Garam.
  4. Siapkan 5 sdm Gula halus.
  5. Dibutuhkan Bahan kuah gula merah.
  6. Siapkan 200 gr Gula merah.
  7. Dibutuhkan 5 Daun pandan.
  8. Siapkan Garam.
  9. Siapkan secukupnya Gula.
  10. Dibutuhkan 700 ml Air.
  11. Siapkan 2 sdm tepung tapioka.
  12. Siapkan Bahan santan.
  13. Dibutuhkan 65 gr Santan kara.
  14. Dibutuhkan 300 ml Air.
  15. Siapkan Garam.
  16. Dibutuhkan Daun pandan.

Kolak biji salak ubi ungu sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil hari ini. Menu takjil yang satu ini pas untuk anda yang ingin sajian. Jika biji salak terbuat dari ubi jalar yang dikukus kemudian dicampur tepun sagu, garam dan air, kalau candil terbuat dari tepung ketan jadi wajar biji salak teksturnya lebih lembut dan empuk dibanding candil yang lembut dan agak kenyal. Di bulan puasa ramadhan alangkah baiknya berbuka puasa dengan makanan-makanan ringan ( tajil ) dan manis seperti kurma , kolak pisang, kolak candil ( bubur biji salak ) , es cendol elizabeth, sekoteng , es jus buah, sop buah dan lainnya.

Cara Pembuatan Biji salak (candil ubi)

  1. Rebus ubi yg sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil supaya ubi cepat empuk.
  2. Setelah ubi sudah lembut haluskan ubi dg sendok (atau dg gelas) setelah ubi benar” halus. masukkan tepung tapioka, garam, dan gula halus. Uleni sampai rata.
  3. Cetak bulat-bulat ubi tsb atau sesuai selera. Selagi cetak bulat-bulat ubi siapkan air untuk rebusan ubi yg kita cetak bulat” tsb..
  4. Setelah selesai dicetak bulat” kasih 1 sdm tepung tapioka di ubi yg sudah dicetak bulat tsb. Supaya ubi waktu direbus tidak lengket..
  5. Setelah itu rebus ubi sampai matang, ubi matang bakalan ngapung ke atas..
  6. Sambil menunggu ubi matang. Siapkan panci untuk membuat bahan kuah. Masukkan gula merah, air, garam, daun pandan, dan gula pasir. Lalu didihkan..
  7. Lalu setelah mendidih dan rebusan ubi yg bulat-bulat tadi matang masukkan ke bahan kuah yg ada gula merah rebus lagi sampai meletup..
  8. Sisihkan sedikit air gula merah tsb kedalam mangkok kecil tambahkan 2sdm tepung tapioka. Lalu masukkan kembali kedalam bahan kuah gula merah lagi. (Guna nya supaya gula merah kemtal)..
  9. Setelah selesai semua. Kita siapkan panci untuk masak santannya. Masukkan santan kara, air, garam, dan daun pandan. Masak hingga mendidih..
  10. Santan dipisah aja ya, pas mau makan baru diambil masing”..
  11. Selesai. Selamat mencoba^^.

This dessert is called bubur biji salak or bubur candil in Indonesia. There are candil ketan, which is usually made with mainly glutinous rice flour and a bit of tapioca flour and also candil ubi jalar like in this recipe, made with sweet potato and tapioca flour. Seperti namanya, bahan utama yang diperlukan adalah ubi jalar yang kondisinya bagus dan tidak busuk. Cara membuat Resep Kolak Biji Salak. Kukus ubi sampai empuk, dan haluskan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Biji salak (candil ubi) Yang Gurih"

Posting Komentar