Resep Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan Untuk Pemula

Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan.

Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan Cara membuatnya tidak susah Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan menggunakan 15 bahan dan 14 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan

  1. Siapkan Bahan A:.
  2. Dibutuhkan 650 gr Tepung terigu Serbaguna atau Protein Tinggi.
  3. Siapkan NOTE: kalau menggunakan protein Tinggi hasilnya lebih kokoh dan lebih lentur saat digiling. Sementara jika menggunakan terigu serbaguna, hasil renyahnya lebih empuk.
  4. Siapkan 100 gr Tepung Tapioka, tepung tapioka ini bisa diskip ya karena emang di resep aslinya cuma pake terigu. Jadi kalau tidak menggunakan tapioka, komposisi terigu jadi 750 gr.
  5. Dibutuhkan 1/2 sdm Ragi instan [Setara 3 gr].
  6. Siapkan 1 butir telur.
  7. Siapkan Bahan B:.
  8. Dibutuhkan 500 gr Kentang, kentang dikukus beserta kulitnya selama 20 menit. Lalu, dalam keadaan panas, kupas kulitnya, kemudian lembutkan. Sisihkan.
  9. Siapkan Bahan C:.
  10. Siapkan 1 1/2 sdt garam halus.
  11. Dibutuhkan 1 sachet bubuk kaldu [sekitar 7 gr].
  12. Dibutuhkan 1 sdt Bubuk ketumbar.
  13. Dibutuhkan 10 siung bawang putih, haluskan. Untuk takaran bawang sesuai selera ya.
  14. Dibutuhkan 1 genggam daun bawang godong, Rajang halus. Yang ini juga sesuai selera.
  15. Dibutuhkan 2 sdm Margarine, jika ingin hasil stik kentang yang kriuknya lebih lembut, margarine ini bisa diganti dengan butter.

Langkah Pembuatan Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan

  1. Siapkan baskom, masukkan Bahan A sesuai urutan, aduk hingga rata. Lalu masukan Bahan B yaitu kentang. Uleni hingga rata & agak mengembang. Proses ini butuh tenaga ekstra ya, jadi memang adonannya itu agak keras tapai kalau terus diuleni maka lama-lama adonan jadi lembut. Sebenarnya tidak harus menggunakan tangan ya, kita juga bisa menguleni adonan dengan menggunakan mikser [khusus adonan]..
  2. Ok selanjutnya masukan bahan C, uleni lagi sampai rata saja ya…Jadi tidak perlu kalis elastis..
  3. Lalu, cetak adonan menggunakan gilingan pasta, pertama setting di no 1, gilas. Lanjut gilas dengan setting no 2. Kalau perlu diulang lagi sampai adonan mulus..
  4. Setelah itu, potong-potong sesuai selera.
  5. Lalu tata di Loyang atau Wadah yang sudah ditaburi dengan tepung terigu agar tidak lengket. Nah lihat.. stik ini sengaja tidak ditumpuk tinggi ya… Jadi kalau loyangnya sudah penuh, alasi bagian atasnya dengan kertas roti atau kertas minyak, tempatkan di atasnya. Dengan begitu nantinya tidak lengket satu sama lain. Lakukan sampai habis..
  6. Selanjutnya, panaskan minyak goreng yang banyak, goreng hingga matang keemasan. Teknik menggorengnya, agar hasil stik kentang matang luar dalam dan warnanya cantik, pertama gunakan api besar, setelah minyak panas masukan stiknya. Aduk-aduk, setelah stik agak kaku, pindah ke api kecil lalu goreng hingga kuning keeemasan..
  7. Angkat. Selesai..
  8. Selamat mencoba.
  9. SERBA SERBI SEPUTAR STIK KENTANG BAWANG Untuk jenis kentang yang bagus, menurut bunda Muthia, sebaiknya gunakan kentang kuning atau kentang mentega. Karena kentang kuning mentega ini tidak banyak mengandung air, selain itu teksturnya juga lebih pulen..
  10. Membuat stik Kentang Bawang ini tidak bisa menggunakan bahan seadanya ya. Takaran tepung dan kentang harus pas. Kentang dan tepung harus berbanding 1 : 1½. Jadi, jika hanya membuat ½ resep, berarti kentang 250gr tepungnya 375gr. Untuk kentangnya wajib dikukus.. karena jika direbus maka kentang jadi berair. Selain itu, saat mengadon kentang sebaiknya dalam keadaan hangat ya… Dengan begitu hasil stik kentang bawang bisa renyah sempurna..
  11. Jika tidak ada gilingan pasta, kita bisa memotong adonan dengan menggunakan pisau. Dan menggilasnya dengan rolling pin, seperti ini nih contohnya..
  12. Setelah matang begini penampakannya.
  13. Resep asli bunda Muthia ini sebenarnya sangat simple ya guys, bahkan tidak ada komposisi bawang putihnya ya. Jadi kalau mau membuat stik kentang ala-ala bunda Muthia, berikut ini komposisinya.
  14. Resepkentang ini sangat cocok untuk usaha rumahan ya.. Nah ini dia hasil stik kentang untuk usaha rumahan ala bunda Muthia [FOTO dokumentasi milik Bunda Muthia ya]. Buat Bunda Muthia terimakasih banyak sudah berbagi ilmunya ya.. semoga usahanya semakin barokah….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Stick Kentang-Bawang Gurih Renyah Hasil Melimpah | Cocok Untuk Usaha Rumahan Untuk Pemula"

Posting Komentar