Resep Mendhut (Buah Bit) Merah Putih Untuk Pemula

Mendhut (Buah Bit) Merah Putih. Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur.

Mendhut (Buah Bit) Merah Putih Kue tradisional khas Jawa ini termasuk jajanan pasar yang mulai jarang dijumpai. Kue Mendut adalah penganan berbahan tepung ketan yang diberi isian unti kelapa di dalamnya, kemudian disiram kuah santan kental dan dibungkus daun. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini. Cara membuatnya cukup mudah Mendhut (Buah Bit) Merah Putih menggunakan 18 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Mendhut (Buah Bit) Merah Putih

  1. Siapkan Bahan Kulit:.
  2. Dibutuhkan 1 buah bit.
  3. Siapkan 190 grm tepung ketan putih.
  4. Dibutuhkan 250 grm kelapa parut.
  5. Dibutuhkan 150 ml air.
  6. Siapkan 1 sdm gula.
  7. Siapkan 1 sdt garam.
  8. Siapkan Bahan Isian:.
  9. Siapkan 1/2 butir kelapa muda parut panjang.
  10. Siapkan 150 gram gula pasir.
  11. Dibutuhkan 100 ml air.
  12. Dibutuhkan 1 lembar daun pandang.
  13. Siapkan 1/2 sdt garam.
  14. Siapkan Bahan Kuah Santan:.
  15. Dibutuhkan 200 ml Santan kental segar.
  16. Siapkan 1 sdm tepung maizena.
  17. Siapkan 1 sdt garam.
  18. Siapkan 1 lembar pandan.

Tapi, bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah. Cara menanam buah bit merah ataupun bit putih terbagi dalam beberapa fase antara lain sebagai berikut Penanaman buah bit. Sebelum penanaman dilakukan pada tanah tempat penanaman dipersiapkan lebih dahulu alur-alur yang dapat dibuat dengan cangkul. Untuk anda yang ingin mengkonsumsi buah bit merah, anda tidak perlu khawatir lagi terhadap harga di pasaran saat ini.

Langkah Pembuatan Mendhut (Buah Bit) Merah Putih

  1. Siapkan bahan isian. Masak semua bahan hingga mendidih dan larut, kecuali kelapa parut. Masukan kelapa parut kedalam panci yang berisi bahan sebelumnya..
  2. Aduk-aduk hingga air surut kemudian dinginkan, agar bisa di bulat-bulatkan. Sisihkan.
  3. Siapkan bahan kulit. Cuci dan kupas buah bit kemudian parut. Peras kelapa yang sudah di parut untuk mendapatkan santan..
  4. Masak santan asal hangat saja. Campur semua bahan kulit. Lalu tambahkan sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan bisa di pulung dan di bentuk..
  5. Siapkan bahan kuah. Campur semua bahan hingga larut tidak bergerindil. Lalu masak di atas api sedang sambil di aduk-aduk hingga keluar buih-buih kecil dan mengental. Lalu matikan api. Dinginkan..
  6. Pulung adonan kulit, bulat-kan lalu pipihkan dan beri isian until kelapa. Bulat-kan kembali, tempatkan pada wadah/cetakan yang sudah di olesi dengan minyak goreng. Kemudian kukus selama 30 menit. Sebelum mengukus pastikan panci kukusan sudah berupa banyak yaa. Dan jangan lupa untuk tutup panci dialasi dengan kain lap bersih agar uap air tidak menetes. Setelah 30 menit angkat dan siram dengan kuah santan. Mendhut Buah Bit Merah Putih siap dihidangkan..

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menanam buah bit hampir sama dengan Cara Menanam Pala adalah menyiapkan bibitnya. #Puding #PudingBuahBit #PudingMerahPutih Assalamualaikum warohmatullohi Wa Barokatu. Senang jumpa lagi dengan teman-teman semua. Tanam-an ini bisa dikembangkan dari biji atau dengan sistem stek. Manfaat Buah Bit Merah Untuk Pengobatan - Manfaat buah buahan alami khasiat buah bit merah. Buah mempunyai kandungan nilai gizi dan vitamin yang sangat baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Mendhut (Buah Bit) Merah Putih Untuk Pemula"

Posting Komentar