Resep Gemblong tepung ketan Anti Ribet

Gemblong tepung ketan. Gemblong Tepung Ketan Putih Dapet kiriman gemblong dari tetangga sebelah bikin anak rebutan sm emak nya, akhirnya coba deh bikin sendiri, alhamdulilah percobaan pertama bisa langsung sukses, cuma kali ini sy pakai tepung beras ketan yg sudah siap olah sedangkan tetangga sebelah memakai beras ketan putih asli yg di tumbuk da. Ketan Gemblong adalah cemilan tradisional atau jajanan pasar yang mempunyai bentuk seperti bola lonjong yang dilumuri dengan gula merah atau besta dan terbuat dari tepung beras ketan dan ketan hitam. Perpaduan citarasa gurih di dalam dengan manis gula merah di lapisan paling luar membuat kue jajanan tradisional ini tetap disukai oleh masyarakat.

Gemblong tepung ketan Kemudian adonan dibentuk bulat dan digoreng, setelah. Salah satunya adalah kue gemblong ketan. Kudapan terbuat dari tepung beras ketan yang dilumuri lapisan gula tersebut sangat digemari oleh masyarakat. Cara membuatnya cukup mudah Gemblong tepung ketan menggunakan 9 bahan dan 9 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Gemblong tepung ketan

  1. Dibutuhkan 300 gr tepung ketan.
  2. Siapkan 1 buah kepala parut.
  3. Dibutuhkan 1 bungkus santan instan.
  4. Dibutuhkan Sejumput garam.
  5. Dibutuhkan secukupnya Gula pasir.
  6. Siapkan Air.
  7. Siapkan Bahan toppingnya.
  8. Dibutuhkan Gula aren.
  9. Siapkan Air.

Masyarakat biasa menyebut kue gemblong ketan dengan nama kue getas. Meski dengan nama berbeda, bahan baku dan rasa dari kue tersebut serupa. Pertama, buat adonan gemblong dengan mencampurkan tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam dalam satu wadah. Kemudian, tambahkan santan perlahan sambil uleni adonan hingga kalis.

Langkah Pembuatan Gemblong tepung ketan

  1. Campurkan tepung ketan,gula pasir,garam dengan Kelapa parut hingga menyatu rata.
  2. Tambahk santan dan air dan uleni.
  3. Bentuk adonan jadi bulatan.
  4. Goreng hingga kecoklatan.
  5. Sembari goreng, bisa sekalian siapkan bahan topingnya.
  6. Iris gula aren tipis2 dan masukan ke panci kecil atau telpon dan tambahkan air.
  7. Aduk aduk hingga mencair.
  8. Celupkan gemblong ketan yang sudah matang ke dalam cairan gula dan..
  9. Sajikan ke dalam piring.

Jika gemblong biasa terbuat dari ketan putih dan berbalut gula merah. sekarang ada kreasi unik yang tak kalah nikmat dari kue ini. Yaitu gemblong ketan hitam dengan balutan gula putih encer. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Gemblong camilan jadul yg tdk lekang oleh wkt. berbahan dasar tepung ketan camilan ini banyak digemari tak hanya dewasa, anak pun juga. Gemblong ada yg terbuat dr ketan hitam, ada jg yg dr ketan putih,,sya lebih cocok dg rasa gemblong ketan putih, krn tdk serett dn lebih lembut jg.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gemblong tepung ketan Anti Ribet"

Posting Komentar