Cara Memasak Soto ayam kuah kuning Kekinian

Soto ayam kuah kuning. Pada dasarnya soto berbentuk kuah kuning yang berisi ayam, kubis, tauge, tomat, telur dan lain sebagainya. Cita rasa soto tidak perlu diragukan Rebus kuah hingga mendidih dan ayam sampai matang. Tambahkan merica dan garam sesuai selera. e.

Soto ayam kuah kuning Waktunya posbar Combo lagi dengan tema pekan ini Aneka Soto. Tadinya mau bikin Tauto Pekalongan kesukaan anakku, apa daya kehabisan daging di mamang sayur. Soto ayam, salah satu masakan berkuah kuning dan bening khas Indonesia yang paling digemari masyarakat kita. Cara membuatnya tidak sulit Soto ayam kuah kuning menggunakan 26 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Soto ayam kuah kuning

  1. Siapkan 1/2 ekor ayam.
  2. Siapkan Air untuk merebus.
  3. Siapkan Bahan yg di haluskan :.
  4. Siapkan 5 siung bawang merah.
  5. Siapkan 3 siung bawang putih.
  6. Siapkan 3 buah kemiri sangrai.
  7. Dibutuhkan 1 ruas jahe.
  8. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk.
  9. Siapkan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  10. Siapkan Bahan cemplung :.
  11. Siapkan 2 lembar daun salam.
  12. Dibutuhkan 5 lembar daun jeruk.
  13. Dibutuhkan 1 batang sereh, memarkan.
  14. Dibutuhkan 1 batang daun bawang (optional).
  15. Siapkan 5 sdm kaldu jamur.
  16. Siapkan 1 1/2 sdt himalayan salt.
  17. Siapkan Bahan tabur :.
  18. Dibutuhkan Keripik kentang.
  19. Siapkan iris Seledri.
  20. Dibutuhkan Bahan Pelengkap :.
  21. Siapkan 1/4 Kol iris tipis, rebus sebentar saja, angkat tiriskan.
  22. Dibutuhkan 1/4 toge, rebus sebentar saja, angkat tiriskan.
  23. Siapkan 1 bungkus soun, rendam air panas hingga empuk, tiriskan.
  24. Dibutuhkan Jeruk nipis.
  25. Dibutuhkan Sambal soto / sambal bakso (resep bisa cek di sambal bakso πŸ˜‰).
  26. Dibutuhkan Tomat merah.

Berbeda dengan bumbu soto ayam yang kuahnya bening, hidangan satu ini citarasanya juga beda. Yuk kejutkan keluarga dengan sajian yang istimewa ini. Resep soto ayam ini sesuai dengan tampilan soto pada umumnya, yakni berwarna kuning. Penggunaan kunyit menjadi penyebab utama kuah soto Bumbu soto kuning ini dihaluskan semua, termasuk kunyit, sehingga nanti saat dimasak, dengan dicampurkan pada bahan masakan soto.

Cara Pembuatan Soto ayam kuah kuning

  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga agak kering, tambahkan air, masak hingga mendidih.
  2. Masukkan ayam yg sudah di potong sesuai selera ke dalam air yg sudah mendidih, tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh.
  3. Jika ayam dirasa sudah matang, tambahkan daun bawang utuh, kaldu jamur, garam.. kecilkan api hingga paling kecil tutup panci hingga 30 menit, matikan api jangan di buka tutupnya.
  4. Sisihkan ayam yg sudah di rebus, goreng sebentar hingga kecoklatan, suir2 ayam.
  5. Siapkan bahan pelengkap ke dalam Mangkuk, tambahkan ayam suir, tomat iris, keripik kentang, sambal, taburkan seledri.
  6. Selamat menikmati kerempongan bikin sotoonyaaaaa, yup rempong soalnya kudu marutin kentang tipis2 (itu kali punya parutan keripik, kalo enggak ya selamat memgiris tipis2) goreng dlu lagi, ayamnya udh di rebus segala di goreng lagii ribet emang hidup gueee, belom rebus2 bahan pelengkap.. yaakkk, selamat chaos dapurnyaaaaaa.
  7. Tapi kalo udh chaos jangan lupa recook ke guee yaaaa, biarku bahagia karena gak cuma gue yg rempong sendiri gegara sotooo 😘😘😘.

Kuah kuning dari soto ini berasal dari warna alami kunyit. Selain itu, soto ayam ini mempunyai resep soto yang mudah untuk diikuti. Kemudian tunggu hingga mendidih daging ayam beserta kuah soto. Langkah terakhir adalah mematikan kompor dan pindahkan soto ayam ke wadah yang besar. Tambahkan juga jeruk nipis diatasnya dan juga sambal agar rasanya makin lezat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasak Soto ayam kuah kuning Kekinian"

Posting Komentar