Resep Cireng (cilok goreng) Anti Ribet

Cireng (cilok goreng). Cilok goreng ini bikin nagih !! Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮛᮨᮀ) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Lihat juga resep Cireng (cilok goreng) enak lainnya!

Cireng (cilok goreng) Ada cilok goreng kecil dibubukin keju pedes. Kalo cilok yang basah, yang ada isinya. Cilok, cireng, dan cimol adalah nama singkatan dari makanan ringan terbuat dari tepung aci atau kanji dari Sunda. Cara membuatnya tidak susah Cireng (cilok goreng) menggunakan 7 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Cireng (cilok goreng)

  1. Siapkan 500 gr tepung kanji / tapioka.
  2. Siapkan 1 batang bawang pre.
  3. Dibutuhkan 1,5 sdt garam.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdt penyedap.
  5. Dibutuhkan 3 siung bawang putih.
  6. Dibutuhkan 200 ml air putih.
  7. Dibutuhkan secukupnya Minyak goreng.

SHUTTERSTOCK/ARIS SETYAIlustrasi cilok terbuat dari tepung sagu dan tapioka. ilustrasi cilok goreng (credit: shutterstock). Kapanlagi Plus - Salah satu jajanan kaki lima khas Bandung yang cukup populer selain cireng dan cimol yakni cilok atau aci dicolok. Jika Anda merupakan penggemar cireng atau bahkan belum pernah mencobanya, Anda bisa mengintip artikel berikut ini tentang cara membuat cireng isi Bandung yang mudah dan tentu saja. Cireng dulu biasanya dibiarkan polos atau diisi (stuffed) dengan sambal oncom.

Cara Pembuatan Cireng (cilok goreng)

  1. Haluskan bawang putih.
  2. Masukan 2sdm kanji, air, garam, penyedap dan bawang putih yg telah di haluskan tadi. Masak dengan api kecil. Aduk hingga mengental..
  3. Setelah mengental, tuang adonan ke dalam tepung kering yg telah di campur dengan irisan daun bawang. Aduk hingga semua tercampur rata..
  4. Setelah di aduk, jika adonan masih terlalu lengket, bisa di tambahkan tepung kanji lagi agar tidak lengket di tangan. Lalu bentuk sesuai selera dan tata pada piring..
  5. Panaskan minyak, lalu goreng cireng dengan api sedang sampai permukaan cireng terlihat kering. Lalu angkat dan tiriskan..
  6. Cireng siap di sajikan. 😍.

Tapi anak sekolahan jaman sekarang, lebih kenal dengan cireng keju atau cireng kornet yang bentuknya unyu-unyu itu. Aci merupakan bahan utama untuk membuat cilok, cireng, dan cimol. Lalu apa beda dari ketiga makanan ringan itu? Bahan pembuatan Cireng sangat mirip dengan cilok. Nih cilok goreng (cireng) benaran enak banget deh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cireng (cilok goreng) Anti Ribet"

Posting Komentar