Resep Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan Yang Gurih

Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan. Assalamualaikum wr wb #tipsmembuatkremesan Hiii guys mohon maaf nih saya posting vidonya dipagi hari bukan bermaksud untuk menggoda orang yg sedang berpuasa. Resep Kremesan Super Renyah Dan Bersarang Anti Gagal dapat anda lihat pada video slide berikut. Ya, resep kremesan ini mampu menhasilkan kremesan yang bersarang, super renya dan kriuk.

Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan Tips Anti Gagal Membuat Kremesan Kriuk : Pastikan minyak dalam keadaan panas, supaya kremesan bisa bersarang, setelah mulai bersarang, turunkan sedikit suhu apinya agar matang merata. Boleh pakai air bersih, boleh juga pakai air kaldu ayam asli sisa rendaman ayam goreng. Goreng di minyak banyak dan pastikan sudah panas betul, gunakan api sedang lalu kecilkan api saat kremesan sudah mulai kokoh agar tidak mudah hangus. Cara membuatnya cukup mudah Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan menggunakan 13 bahan dan 23 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan

  1. Siapkan Bahan A [Kuah Soto]:.
  2. Dibutuhkan 500 ml air BERSIH. 500 ml air setara dengan air sebanyak 2 gelas belimbing.
  3. Siapkan 1 sdt bumbu instan rasa Soto. Setara dengan ½ sachet Bumbu Instant Merek Bambu kemasan ekonomis ya.
  4. Siapkan Bahan B:.
  5. Dibutuhkan 400 ml Kuah Soto dari bahan A. jadi ini tadi kuah soto yang kita bikin.
  6. Dibutuhkan 125 gr tepung tapioka, kira-kira setara dengan 9 sdm.
  7. Dibutuhkan 2 sdm munjung tepung beras putih.
  8. Siapkan 1 butir kuning telur.
  9. Siapkan Minyak secukupnya, untuk menggoreng.
  10. Dibutuhkan 1 sdt Kaldu bubuk.
  11. Dibutuhkan secukupnya Garam.
  12. Dibutuhkan Bahan C.
  13. Siapkan 1/2 sdt Baking powder.

Resep Kremesan Ayam Renyah Crispy Bersarang Sederhana Spesial Kriuk Asli Enak. Kremesan yang enak adalah kremesan yang renyah ketika digigit dan teksturnya bersarang dengan rasa yang gurih. Hasilnya ngembang besar dan kriuk, mirip ala restoran ternama. Cocok sebagai pelengkap ayam goreng, tempe goreng, ikan goreng, dan Yuk langsung simak!

Langkah Pembuatan Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan

  1. CARA MEMBUAT KUAH SOTO: Tempatkan air ke dalam panci atau teflon. Masukan bumbu instan soto. Aduk-aduk sampai rata. Masak sampai mendidih. Lalu matikan kompor dan biarkan sampai dingin..
  2. CARA MEMBUAT ADONAN KREMESAN: Campurkan hasil bahan A dan bahan B. Jadi bahan C jangan dimasukan dulu, Ok. Aduk rata sampai tidak bergerindil. Nah lihat.. jadi ini adonannya sangat encer ya.. terus diaduk sambil dituangi air kuah Soto sampai habis. Saring jika perlu agar adonan benar-benar tidak ada gumpalan. Buang ampasnya..
  3. Selanjutnya jangan lupa masukan BAHAN C, yaitu baking powder….
  4. Ok aduk rata lagi. Lalu untuk wadahnya agar mempermudah saat menggoreng, siapkan botol dengan lubang kecil di tutupnya. Saya menggunakan botol air mineral yang tutupnya dilubangi dengan paku panas. Jumlah lubang bisa 4-5. Lihat di gambar ya biar jelas..
  5. Jangan lupa sebelum dimasukan botol diicip-icip dulu bila rasa sudah pas, lanjutt. Ok sekarang Masukan adonan ke dalam botol, tutup rapat. Panaskan minyak, dengan api sedang..
  6. Jika minyak sudah panas semprotkan secukupnya adonan diatas minyak panas, pastikan dari ketinggian sekitar 2 jengkal ya agar adonan bisa menyebar rata dan hasilnya cantik. Jadi pastikan adonannya menyebar rata, kalau masih ada sisi permukaan minyak yang tak terisi adonan, kita tuangi lagi sedikit-sedikit. Agar nanti tidak remuk saaat dilipat..
  7. Tunggu adonan sampai agak kering, jadi janagan dibalik dulu. Tapi jangan sampai over juga ya, karena jika terlalu kering maka adonan sudah kaku dan patah deh kalau dilipat..
  8. Setelah agak kokoh, pertama kita lipat satu kali dulu...
  9. Ok selanjutnya dilipat lagi satu kali. Gunakan 2 sutil jika susah dilipat..
  10. Selanjutnya biarkan sampai agak kuning kecoklatan suapaya tampilannya lebih cantik dan rasanya lebih kriuk. Lalu, angkat dan tiriskan. Taraa….. Kremesan Ayam Super Cantik, Mudah dilipat ala-ala SARKE sudah jadi ya.. Selanjutnya goreng lagi sisa adonan sampai habis..
  11. 1 resep ini Cuma jadi 4-5 biji aja ya.. Karena memang yang ini ukurannya jumbo dg diameter 26 cm. Kalau diameternya lebih mini tentu hasilnya lebih banyak lagi..
  12. Kalau mau tampilan yang lebih mini, bisa digoreng dengan rantang atau deep fryer yang lebih kecil lagi, kayak ini nih hasilnya… jadinya bisa berlimpahhhh.. Wow.. ini Cuma modal 10 ribu aja dah dapet banyak.. Makanya emang cocok dibuat bakulan. Yang ini diameternya 15 cm, 1 resep bisa jadi 16-17 buah..
  13. Well, setelah digoreng, tunggu dingin baru masukan toples. Kremesan ini bisa tahan lama kriuknya asal disimpan di wadah tertutup. Kremesan Ayam ini cocok disajikan dengan Ayam Goreng, tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng dan lain-lain. Atau bisa juga cukup dinikmati sebagai camilan ringan..
  14. TIPS DAN TRIK SEPUTAR KREMESAN AYAM ANTI GAGAL: Penggunaan kuah soto bisa diganti dengan kaldu ayam, atau air sisa rebusan ayam. Bisa juga mengunakan aneka bumbu instant dengan varian rasa yang lain, misalnya Rawon, Kare, Rendang, Soto Madura, Gule, dll. Atau jika suka, untuk rasa original kita juga bisa cukup menggunakan air putih dengan bumbu kaldu. Selain itu bisa juga di miks dengan air santan agar hasil lebih gurih dan kriuk..
  15. Penggunaan tepung tapioka bisa diganti dengan tepung sagu, hanya saja hasil Kremesan warnanya jadi cenderung lebih cokelat. Tapi untuk teksturnya menjadi lebih lembut ya. Jadi untuk hasil kremesan dengan tampilan kuning cantik dan tekstur yang kriuk lembut, kita bisa mencampurkan penggunaan tepung Tapioka dan tepung sagu. Gunakan perbandingan 2:1. Jadi Tepung Tapiokanya 6 sdm munjung, lalu tepung sagunya cukup 3 sdm munjung, sementara tepung berasnya tetap 2 sdm munjung ya. Ini contohnya...
  16. Penggorengan yang digunakan sebaiknya mempunyai dasar yang ceper, seperti teflon, rantang, panci dll. agar adonan gampang dilipat. Karena penggunaan wajan yang cekung membuat adonan tidak menyebar rata dan cenderung mengumpal di tengah, jadi bentuknya jadi kurang cantik. Setelah digoreng, alasi wadah kremesan dengan kertas yang menyerap minyak, dengan begitu kremesan bisa garing kriuk dan bebas berminyak..
  17. Untuk teknik menggoreng, adonannya tidak harus ditempatkan di botol ya, kita juga bisa menggoreng dengan cara menciduk langsung adonan dengan tangan. Caranya kucurkan adonan dengan ketinggian sekitar 2 jengkal dari atas penggorengan..
  18. Teknik lainnya selain dengan tangan, bisa juga menggunakan botol kecap dengan ujung lancip dan berlubang. Selain itu kita bisa juga menggunakan plastik Piping bag, gunting sedikit atasnya, jagan terlalu lebar agar adonan rapi dan mudah kering saat digoreng. Atau bisa juga, gunakan saringan stainless steel dengan lubang banyak, tuang adonan sambil saringan diputar melingkar. Untuk cara menuang dan teknik melipatnya semua sama ya. Jadi silahkan dipilih teknik mana yang paling sesuai..
  19. Jika menggunakan telur utuh hasilnya jadi lebih kokoh tapi kekurangannya jadi susah dilipat dan rawan menggumpal kalau adonan tidak sering diaduk-aduk. Jika Baking Powder dilewatkan. Maka hasilnya kurang maksimal karena fungsi baking powder di sini selain membuat hasil Kremesan lebih kriuk dan renyah juga membuat adonan Kremesan mudah dilipat. Pastikan minyak benar-benar panas tapi penggunaan api cukup api sedang sehingga hasil Kremesan bisa cantik, kriuk dan matang sempurna.
  20. Selamat mencoba.
  21. ESTIMASI MODAL UNTUK 1 RESEP: 1 sdt bumbu soto siap pakai Setara dengan ½ Sachet Rp 1.000 125 gr tepung tapioka Kualitas bagus Cap Pak Tani 1. 25 Ons sekitar Rp. 1300 2 sdm munjung tepung beras putih Rose Brand 30 gr sekitar Rp. 400 1 butir kuning telur 1 telur harga sekitar Rp. 1.200 Minyak secukupnya, untuk menggoreng, butuh sekitar ½ liter Rp. 6.000 Garam dan Kaldu bubuk Rp. 400 TOTAL MODAL UNTUK BAHAN: 10.300.
  22. Rincian diatas masih di luar gas [kompor], dan tenaga ya.. Estimasi harga tergantung wilayah masing-masing ya, ada yang lebih mahal ada juga yang lebih murah. Tergantung merek juga. Untuk tepung Tapioka misalnya, jika menggunakan merek Gunung Agung, maka harganya sekitar Rp. 8000 / kg jadi bisa ditekan lagi Modalnya. Sementara untuk harga, jelas beda wilayah beda harga. Harga di atas adalah harga yang ada di wilayah Madiun, Jawa Timur. Belanjanya di Toko Grosir bukan di warung..
  23. Nah kalau dijual, untuk Kremesan diameter 15 cm, harga jualnya sekitar 1500-3000 rupiah tergantung lokasinya di mana ya. Kemasan juga sangat berpengaruh, kalau ini contoh kemasan sederhana dengan harga jual 9.500 per bungkus, jadi 1 pcs-nya, misalnya, sekitar 2500 rupiah. 1 resep bisa jadi 16 buah. Jadi bisa dapat 4 bungkus dengan harga jual total, 9.500 x 4= 38.000 rupiah. Jadi modal bahan 10 ribu sekian-sekian, harga jualnya bisa dapat Rp. 38.000. Lumayan kan… Apalagi kalau dijual Rp. 3000.

Adonan yang manis manghasilkan kremesan yang cepat gosong sementara ayam di dalamnya masih lunak. Kenikmatan menyantap ayam goreng terasa kurang lengkap tanpa kremesan. Pendamping gurih yang renyah ini terbuat dari adonan tepung dan bumbu sisa ungkepan ayam. Ada teknik khusus untuk menciptakan kremesan renyah & enak lho! Resep Kremesan Super Renyah dan Bersarang Anti Gagal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kremesan Kriuk Renyah Bersarang, Mudah Dilipat | Anti Gagal & Cocok Untuk Bakulan Yang Gurih"

Posting Komentar