Resep Cilok Kenyal Empuk Yang Renyah

Cilok Kenyal Empuk. Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski. Rahasia bikin CILOK kenyal dan empuk.

Cilok Kenyal Empuk Resep cilok ini dibuat dengan bahan sederhana dan dijamin teksturnya kenyal dan juga empuk. Untuk soal rasa pasti cilok paling enak. Cilok (Aci Dicolok) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat. Cara membuatnya cukup mudah Cilok Kenyal Empuk menggunakan 9 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Cilok Kenyal Empuk

  1. Dibutuhkan Bahan biang :.
  2. Dibutuhkan 150 gram tepung terigu.
  3. Siapkan 300 ml air.
  4. Dibutuhkan 1 bks Royco sapi.
  5. Siapkan 1 sdt merica / lada bubuk.
  6. Dibutuhkan 2 siung bawang putih, cuci bersih, haluskan.
  7. Dibutuhkan Bahan tambahan :.
  8. Dibutuhkan 200 gram tepung kanji / tapioka.
  9. Dibutuhkan 2 batang daun bawang, cuci bersih, iris tipis.

Resep membuat cilok yang merupakan variasi ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk. Jadi cilok pasti empuk dan kenyal saat dimakan. Oh iya, usahakan membuat cilok dengan ukuran yang sama, ya! Soalnya kalau tidak, nanti bisa saja ada cilok yang terlalu matang dan juga masih.

Cara Pembuatan Cilok Kenyal Empuk

  1. Siapkan wajan / penggorengan (kalau bisa anti lengket). Ini api kompor jangan dinyalakan dulu ya. Masukkan semua bahan biang, aduk rata. Nyalakan api kompor (api kecil) dan aduk² terus adonan sampai air menyusut / tidak ada airnya lagi (sampai lengket). Matikan api kompor dan dinginkan adonan..
  2. Setelah adonan dingin, masukan daun bawang dan aduk pakai tangan (pastikan tangan bersih) atau dengan sendok kayu. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Lalu masukkan perlahan tepung kanji / tapioka. Aduk rata dan pastikan sampai adonan kalis atau tidak lengket lagi di tangan..
  4. Ambil sedikit adonan dan bulatkan, Lakukan sampai semua adonan habis..
  5. Setelah itu, siapkan panci untuk merebus adonan cilok. Didihkan air (beri 1 sdm minyak sayur supaya adonan tidak lengket)..
  6. Setelah air mendidih masukkan adonan cilok ke dalam panci rebusan air. Tunggu sampai mengapung (pertanda sudah matang)..
  7. Setelah cilok mengapung segera angakat, Lakukan sampai semua dan tiriskan..

Cara Membuat Jajanan Bandung Cilok Kenyal Empuk Saus Sedap. Buat adonan cilok dengan cara mencampurkan tepung terigu dengan tepung tapioka. Seperti kita ketahui, cilok yang enak, tentunya harus empuk dan kenyal supaya tidak susah digigit. Tapi tidak jarang cilok bisa jadi keras kalau salah membuatnya. Brilio.net - Cilok, mendengar namanya saja pasti kamu langsung terbayang rasanya yang kenyal, empuk serta menggugah selera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cilok Kenyal Empuk Yang Renyah"

Posting Komentar