Resep Gemblong tepung ketan Yang Enak

Gemblong tepung ketan. Gemblong Tepung Ketan Putih Dapet kiriman gemblong dari tetangga sebelah bikin anak rebutan sm emak nya, akhirnya coba deh bikin sendiri, alhamdulilah percobaan pertama bisa langsung sukses, cuma kali ini sy pakai tepung beras ketan yg sudah siap olah sedangkan tetangga sebelah memakai beras ketan putih asli yg di tumbuk da. Gemblong adalah salah satu jenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola.

Gemblong tepung ketan Perpaduan citarasa gurih di dalam dengan manis gula merah di lapisan paling luar membuat kue jajanan tradisional ini tetap disukai oleh masyarakat. Pertama, buat adonan gemblong dengan mencampurkan tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam dalam satu wadah. Kemudian, tambahkan santan perlahan sambil uleni adonan hingga kalis. Cara membuatnya tidak sulit Gemblong tepung ketan menggunakan 9 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Gemblong tepung ketan

  1. Siapkan 125 gr tepung ketan.
  2. Dibutuhkan 50 gr tepung beras.
  3. Dibutuhkan 3 sdm kelapa parut yg di sangrai.
  4. Siapkan 1/2 sdt garam.
  5. Siapkan 60 ml Santan instan uk kecil.
  6. Siapkan Bahan pelapis:.
  7. Dibutuhkan 1 blok gula merah.
  8. Dibutuhkan 2 sdm gula pasir.
  9. Siapkan 2 sdm air.

Salah satunya adalah kue gemblong ketan. Kudapan terbuat dari tepung beras ketan yang dilumuri lapisan gula tersebut sangat digemari oleh masyarakat. Masyarakat biasa menyebut kue gemblong ketan dengan nama kue getas. Meski dengan nama berbeda, bahan baku dan rasa dari kue tersebut serupa.

Langkah Pembuatan Gemblong tepung ketan

  1. Campurkan semua bahan.
  2. Masukkan santan.
  3. Uleni dan bentuk sesuai selera, setelah itu goreng sisihkan.
  4. Bahan pelapis: masukkan air gula merah gula pasir d dalam wajan smpe mengental & meletup letup.
  5. Masukkan gemblong yg sudah di goreng, aduk, angkat biarkan dingin & gula mengering, sajikan..

RESEP kue gemblong ketan adalah merupakan salah satu kue tradisional asal indonesia yang berbahan utama ketan, parutan kelapa dan lapisan gula merah. Jika gemblong biasa terbuat dari ketan putih dan berbalut gula merah. sekarang ada kreasi unik yang tak kalah nikmat dari kue ini. Yaitu gemblong ketan hitam dengan balutan gula putih encer. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. IG:@sukmawati_rs Kudapan ini terbuat dari adonan campuran tepung ketan, kelapa parut, dan santan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gemblong tepung ketan Yang Enak"

Posting Komentar