Resep Lupis gula aren Legit dan Nikmat

Lupis gula aren. Maafya mikrofonnya agak gangguan Makanan kali ini (lupis gula aren) Selamat menonton temen temen Bantu subscribe channel ini ya agar kedepannya bisa lebih semangat buat kontennya ️ #ASMR #. Kue Lupis merupakan kue yang terbuat dari bahan beras ketan yang dibuat tanpa bahan pengawet. Kue yang disantap dengan siraman gula merah atau gula aren yang cair agak kental. bahan untuk lupis.

Lupis gula aren Buat yang mau usaha jualan lupis, harga bahan sudah tertera. Baca Juga: Gula Aren Asli Desa Jatuh, Usaha Tradisional Dengan Hasil Jutaan Rupiah Perbulan. Beberapa diantaranya juga langsung diolah seperti Serabi yang akrab disebut Serabi Batil. Cara membuatnya tidak sulit Lupis gula aren menggunakan 8 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Lupis gula aren

  1. Dibutuhkan 1 liter beras ketan putih.
  2. Siapkan Kelapa parut putihnya.
  3. Dibutuhkan Gula aren cair.
  4. Siapkan 1 sdm tepung maizena.
  5. Siapkan secukupnya Garam.
  6. Siapkan lidi Daun pisang dan.
  7. Siapkan Daun pandan.
  8. Siapkan 1 sdm pasta pandan.

Bergantian, Ihsan dan Annisa akan melayani pembeli atau memasak serabi ini. Selain serabi, kokoleh adalah kudapan lain yang digemari pembeli. "Yang spesial dari jajanan ini digulanya, gula untuk menyiram lupis dan cenilnya kami memakai gula aren, tanpa tambahan pemanis buatan, dan tanpa tambahan gula halus. Ini yang membuat pelanggan kami puas," kata dia. Sebenarnya, lanjut Jumiyati, tak sulit untuk membuat cenil, lupis dan klepon.

Cara Pembuatan Lupis gula aren

  1. Cuci beras ketan sampai bersih, taruh di baskom tambah air, tambah 2 sdm pasta pandang, tambah 2 sdm garam, aduk rata, diamkan sekitar 2 jam, buang air rendaman.
  2. Siapkan daun pisang, bentuk segitiga jaga jangan sampai bolong, isi sekitar 1 sendok makan, padatkan, tutup segitiga, tusuk kunci dengan lidi tajam/ tusuk gigi, Siapkan panci presto isi air dan isikan ketan yang sudah terbungkus ke panci, tutup panci presto, rebus sekitar 40 menit.
  3. .
  4. Sambil menunggu, Siapkan kelapa parut, tambah garam sedikit, kukus sebentar supaya tidak cepat basi.
  5. Siapkan panci, masukkan gula aren cair tambah air sedikit dan potongan daun pandan, tambah 1 sdm tepung maizena aduk.
  6. Setelah lupis matang, siap dihidangkan, ditambah kelapa parut dan gula aren kental,.
  7. Selamat mencoba.

Ada banyak kreasi berbahan dasar ketan putih yang bisa anda coba. Beras ketan akan dikukus dalam bungkusan daun pisang berbentuk segitiga (atau lonjong seperti lontong) hingga empuk dan matang. Lupis ini lalu dibalur dengan parutan kelapa dan disajikan dengan saus gula jawa kental (kinca). Banyak orang yang sering terkecoh dengan gula aren dan mengiranya sebagai gula Jawa. Gula aren sendiri terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Lupis gula aren Legit dan Nikmat"

Posting Komentar