Langkah Membuat Candil Ubi / Biji salak Kekinian

Candil Ubi / Biji salak. Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan. Semoga sehat selalu yaπŸ€— Kali ini Mommika mau share resep candil dari ubi ungu yang uenak banget cocok buat dijadikan takjil. "Biji salak berasal dari kuliner Betawi, terbuat dari bola-bola ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian direbus," jelas Pemerhati Untuk kuah, biji salak biasanya disantap bersama gula kelapa dan disiram santan kelapa. Sedangkan kuah candil biasanya dibuat dari bumbu gula kelapa.

Candil Ubi / Biji salak Rasanya yang enak, kenyal dengan citarasa manis legit dari saus gula Jawa dan gurihnya santan sungguh pas dan nikmat dilidah. Sangat cocok untuk camilan anak yang lezat dan juga pas untuk. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Cara membuatnya tidak sulit Candil Ubi / Biji salak menggunakan 14 bahan dan 9 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Candil Ubi / Biji salak

  1. Dibutuhkan Bahan Candil :.
  2. Siapkan 500 gr ubi merah.
  3. Dibutuhkan 125 gr tepung tapioka.
  4. Dibutuhkan Bahan Kuah gula :.
  5. Siapkan 400 ml air.
  6. Siapkan 300 gr gula merah sisir halus (sy pakai 200 gr).
  7. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  8. Siapkan 2 lbr daun pandan, simpulkan.
  9. Siapkan 2 sdm maizena, larutkan dgn 2 sdm air.
  10. Siapkan Kuah Santan :.
  11. Siapkan 600 ml santan cair (saya santan instan 65ml + air).
  12. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  13. Dibutuhkan 2 lbr daun pandan, simpulkan.
  14. Dibutuhkan 1 sdm maizena, larutkan dengan 1 sdm air.

Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan. Sajikan kolak biji salak ubi ungi di rumah sebagai menu takjil buka puasa. Rasanya yang lezat dan nikmat akan membuat anda ketagihan. Kolak biji salak ubi ungu sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil hari ini.

Langkah Pembuatan Candil Ubi / Biji salak

  1. Cuci bersih ubi, belah 2, kukus sampai empuk..
  2. Kupas Ubi yg sudah empuk lalu pindahkan dalam wadah, masukkan tepung tapioka, aduk2 pakai tangan sampai bisa dibentuk. (hati2 panas ya).
  3. Bentuk bulat, lakukan sampai adonan habis. Sisihkan..
  4. Masukkan semua bahan kuah gula dalam panci, kecuali larutan maizena. Masak sampai muncul gelembung kecil pada pinggiran panci..
  5. Masukkan candil ubi, masak sampai setengah mendidih..
  6. Setelah setengah mendidih, masukkan larutan maizena. Aduk2. Matikan kompor..
  7. Masukkan semua bahan kuah santan dalam panci, kecuali larutan maizena. Masak sampai muncul gelembung kecil pada pinggiran panci, masukkan larutan maizena. Aduk2. Matikan kompor..
  8. Tuang candil ubi / biji salak dalam mangkuk, tuang kuah santan..
  9. Ini enak banget πŸ₯°πŸ€— selamat mencoba semoga bermanfaat ya πŸ™πŸ˜Š.

Menu takjil yang satu ini pas untuk anda yang ingin sajian. This dessert is called bubur biji salak or bubur candil in Indonesia. There are candil ketan, which is usually made with mainly glutinous rice flour and a bit of tapioca flour and also candil ubi jalar like in this recipe, made with sweet potato and tapioca flour. Resep Biji Salak Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya bubur biji salak menggunakan ubi kuning.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Candil Ubi / Biji salak Kekinian"

Posting Komentar