Langkah Memasak Sayur Asem jawa timur Yang Gurih

Sayur Asem jawa timur. Dari aneka sayur asem, resep sayur asem jawa Timur ini terbilang paling ringan rasanya. Kuah yang lebih bening dan aromanya juga lebih ringan bila dibandingkan dengan sayur dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sayur asem Jawa Timur ini sebenarnya sama dengan sayur asem pada umumnya.

Sayur Asem jawa timur Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya. Sayur asem Jawa Timur ini layak jadi menu utama ataupun pendamping acara makan-makan dengan keluarga. Jadikan akhir pekan semakin semarak dengan kehadirannya! Cara membuatnya tidak susah Sayur Asem jawa timur menggunakan 9 bahan dan 4 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sayur Asem jawa timur

  1. Siapkan 1 ikat kacang panjang.
  2. Siapkan 1 ikat sawi.
  3. Siapkan 2 siung bawang putih.
  4. Dibutuhkan 4 siung bawang merah.
  5. Dibutuhkan 2 biji asam jawa.
  6. Dibutuhkan 1 lembar daun salam.
  7. Siapkan 2 cm lengkuas (geprek).
  8. Dibutuhkan 1 liter air.
  9. Siapkan 2 sdt garam + gula.

Lain halnya dengan salah satu versi sayur asem Betawi yang menggunakan oncom serta kacang dengan kulitnya, versi Jawa. Sayur Asem juga populer di Sunda Bandung, Jawa Barat namanya resep sayur asem Sunda, Jakarta Betawi disebut resep sayur asem Jakarta, Jawa Timur dan ala Jawa Tengah dinamai resep sayur asem Jawa. Tata potongan lontong ke dalam mangkuk hidang, sirami sayur asem, taruh telur balado, taburkan kerupuk dan bawang goreng. Kebetulan suami saya orang jawa timur yang lama merantau, sekarang tinggal di purwokerto.

Langkah Pembuatan Sayur Asem jawa timur

  1. Potong dan cuci bersih sayuran.
  2. Uleg kasar bawang merah dan bawang putih..
  3. Didihkan air lalu masukkan bumbu uleg kasar beserta lengkuas dan daun salam.
  4. Masukkan sayuran yg sudah di cuci bersih. Tambahkan garam dan gula beserta asam jawa.test rasa. Jika sudah pas, masak hingga mendidih dan matikan kompor.siap dihidangkan.

Sayur ini unik karena namanya asem-asem tapi tidak pakai asem. Buat mengobati kangen kampung halaman, kita biasa bikin ini. Sayur asem sendiri merupakan makanan khas daerah Jawa yang memiliki masing-masing versi di setiap daerahnya. Bagi anda yang ingin membuat sayur dengan rasa khas Jawa Timur, berikut bahan dan cara membuatnya. Sayur asem Jawa punya dua versi, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Sayur Asem jawa timur Yang Gurih"

Posting Komentar