Resep 99. Kkakdugi // Lobak Kimchi Kekinian

99. Kkakdugi // Lobak Kimchi.

99. Kkakdugi // Lobak Kimchi Cara membuatnya cukup mudah 99. Kkakdugi // Lobak Kimchi menggunakan 11 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan 99. Kkakdugi // Lobak Kimchi

  1. Dibutuhkan 1 buah lobak ukuran sedang (potong dadu).
  2. Dibutuhkan 1 batang daun bawang (iris serong/memanjang).
  3. Siapkan 3 sdm garam.
  4. Siapkan Bahan Bumbu Dasar.
  5. Siapkan 3 siung bawang putih.
  6. Siapkan 1/4 siung bawang bombai.
  7. Dibutuhkan 1/4 ruas jahe.
  8. Dibutuhkan 2 buah cabai merah keriting.
  9. Dibutuhkan 2 sdm cabai bubuk.
  10. Dibutuhkan 1 sdm kecap ikan.
  11. Dibutuhkan 1 sdt gula pasir.

Langkah Pembuatan 99. Kkakdugi // Lobak Kimchi

  1. Lobak yang sudah dikupas, cuci bersih lalu potong berbentuk dadu. Kemudian taburi garam, aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 1-2 jam atau sampai lobak sedikit bertekstur lembut dan transparan..
  2. Sambil menunggu lobak berubah tekstur, siapkan bumbu dasar kimchi. Blender semua bahan bumbu dasar. Jika sudah tercampur rata dan halus, tambahkan irisan daun bawang..
  3. 1-2 jam setelahnya, tiriskan lobak dari air yang endapan, lalu cuci bersih sampai tidak tersisa lagi rasa asinnya. tiriskan dan keringkan dari sisa-sisa air yang menempel menggunakan tisu..
  4. Langkah terakhir, campurkan semua potongan lobak ke dalam bumbu dasar kimchi. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian taruh ke dalam toples kedap udara. Siap difermentasi๐Ÿ˜Š๐Ÿ™.
  5. CATATAN: 1) Apa gunanya merendam lobak dengan garam? Gunanya untuk membuang rasa getir pada lobak yaa Moms. Saya menggunakan lobak cina yang bentuknya lonjong memanjang, bukan lobak khas korea. 2) Penggunaan bawang bombai adalah optional, fungsinya utk menambah rasa manis, tapi boleh di-skip dan tambahkan gula atau diganti dengan apel/pir..
  6. CATATAN: 3) Waktu fermentasi bergantung pada suhu masing-masing tempat. Biasanya saya menyimpan lobak kimchi di suhu ruang 1/2 hari dan selanjutnya di lemari pendingin, awet hingga 1 bulan. 4) Jika ingin mengambil kimchi, usahakan menggunakan sendok/spatula bersih, bukan yang sudah dipakai agar kimchi awet. 5) Menurut saya, kimchi lobak lebih cocok dimakan bersama ramyun atau mie instan. Selamat mencoba resepnya Moms๐Ÿ˜Š๐Ÿ™.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep 99. Kkakdugi // Lobak Kimchi Kekinian"

Posting Komentar