Cara Memasak Sate Maranggi Untuk Pemula

Sate Maranggi. Sate maranggi (Aksara Sunda Baku: ᮞᮒᮦ ᮙᮛᮀᮌᮤ, Sunda: Saté Maranggi) adalah makanan asli Indonesia yang biasa ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Lengkap dengan cara membuat bumbu sate maranggi asli khas Sunda. Beragam jenis sate dimiliki oleh negeri kita Indonesia ini.

Sate Maranggi Sate Maranggi memang terkenal sebagai kuliner khas Purwakarta, tapi saat ini masyarakat Purwakarta telah banyak yang membuka kedai sate di sebagian besar Jawa Barat. Sate Maranggi Cibungur Purwakarta ini rasanya cuma alasan satu-satunya yang bikin saya dan keluarga rela keluar tol dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandung. Sate maranggi khas Sunda biasa disajikan tanpa siraman saus atau bumbu kacang. Cara membuatnya tidak sulit Sate Maranggi menggunakan 14 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Sate Maranggi

  1. Siapkan 250 gr Daging kambing/Sapi saya poih daging sapi.
  2. Dibutuhkan CELUPAN KECAP (campur jadi satu):.
  3. Siapkan Kecap.
  4. Dibutuhkan Merica.
  5. Siapkan Penyedap.
  6. Siapkan Ketumbar bubuk.
  7. Dibutuhkan Sedikit garam.
  8. Siapkan BUMBU PELENGKAP:.
  9. Siapkan Kecap.
  10. Dibutuhkan Tomat.
  11. Siapkan Irisan bawang merah.
  12. Dibutuhkan Sambal.
  13. Dibutuhkan Jeruk nipis.
  14. Siapkan Irisan kubis* jika suka.

Sebab, citarasa dagingnya sudah cukup kuat dari hasil marinasi (rendaman) bersama racikan bumbu dan rempah. Keistimewaan Sate Maranggi memang tak lagi diragukan. Sate ini memiliki citarasa yang begitu Lantas bagaimana asal usul Sate Maranggi? Tak banyak orang yang tahu, jika Sate Maranggi.

Langkah Pembuatan Sate Maranggi

  1. Iris daging sesuai selera untuk kecil dan besarnya ukuran, rendam dengan bubuk ketumbar, penyedap dan sedikit garam.perendaman kurleb 20 sd 30 masukkan dalam kulkas. Saya agak lama dikit biar bumbu ketumbar bener2 meresap sampai kedalam.
  2. Keluarkan daging dan tusuk dengan tusuk sate.
  3. Oleskan mentega atau boleh sedikit minyak di atas pembakaran supaya tidak lengket lalu bakar daging sebentar saja lalu angkat masukkan ke dalam celupan kecap bakar setengah matang lalu ulangi ke celupan kecap.
  4. Jika di rasa sudah matang angkat dan sisihkan ke bumbu kecap yg sudah di siapkan.... Hemmmm aroma ketumbar menggugah selera moms.... Taburi dengan bawang goreng di atas sate boleh sedikit taburi lagi dengan bubuk ketumbar 😍🥰🥰🥰.
  5. Selamat mencoba mommy 🥰🥰🥰🤩.

Alamat Sate Maranggi Purwakarta ini berada di Jl. Raya Cibungur, ruas jalan alternatif penghubung Jakarta-Bandung. Situ Gunung Waterfall & Suspension Bridge. Sate khas Purwakarta, Jawa barat ini biasanya dibuat dari daging Kambing atau Sapi. Bobo.id - Sate Maranggi merupakan sate asli Purawakarta yang terkenal dengan kelezatannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasak Sate Maranggi Untuk Pemula"

Posting Komentar