Resep Soto Ayam Spesial Resep Ibu Kekinian

Soto Ayam Spesial Resep Ibu.

Soto Ayam Spesial Resep Ibu Cara membuatnya cukup mudah Soto Ayam Spesial Resep Ibu menggunakan 23 bahan dan 11 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Soto Ayam Spesial Resep Ibu

  1. Dibutuhkan Bumbu :.
  2. Siapkan 5 siung bawang merah.
  3. Siapkan 5 siung bawang putih.
  4. Siapkan setelunjuk kunyit.
  5. Dibutuhkan sejempol jahe.
  6. Dibutuhkan secukupnya lada kecil.
  7. Siapkan 2 buah daun salam.
  8. Dibutuhkan 3 buah daun jeruk.
  9. Dibutuhkan sejempol laos.
  10. Siapkan secukupnya garam.
  11. Siapkan secukupnya penyedap rasa.
  12. Siapkan 2 buah daun bawang.
  13. Dibutuhkan 4 cabai sudah direbus.
  14. Dibutuhkan 600 gr air matang.
  15. Siapkan Bahan dasar :.
  16. Siapkan 1/2 kilo ayam sudah direbus.
  17. Siapkan 8 buah kentang.
  18. Siapkan tauge.
  19. Dibutuhkan daun seledri.
  20. Dibutuhkan jeruk nipis.
  21. Siapkan bihun.
  22. Siapkan 1 buah tomat.
  23. Siapkan sayur kol.

Cara Pembuatan Soto Ayam Spesial Resep Ibu

  1. Sebelum membuat kuah soto. Siapkan terlebih dahulu bahan2 dasar matangnya. (1) siapkan kentang2 yang tersedia, dikupas dan diiriskan kecil2, kemudian di goreng. Kentang goreng sudah siap. Sajikan di wadah seperti mangkuk lauk..
  2. Siapkan 1/2 ayam potong, cuci sampai bersih, kemudian direbus sampai matang. Setelah direbus, ayam tersebut digoreng juga, sehingga berasa gurih dan garing, walaupun tidak berbumbu akan berasa gurih dari minyaknya. Ayam suir sudah siap. Sajikan di wadah seperti mangkuk lauk..
  3. Kentang dan ayam sudah siap. Berikutnya iriskan 4 siung bawang merah yang kemudian di goreng. (untuk dijadikan bawang goreng). Bawang goreng sudah siap. Sajikan di wadah seperti mangkuk kecil yang ada tutupnya..
  4. Berikutnya, membuat kuah sotonya. Siapkan bumbu-bumbu yang sudah tersedia, kecuali daun salam dan daun jeruk..
  5. Ulek semua bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, laos) sampai halus, boleh tambahkan sedikit garam..
  6. Jika sudah siap, didihkan air matang, campurkan bumbu2 rempah yang sudah halus. Aduk2 sampai rata, tambahkan garam dan penyedap jika perlu, kemudian campurkan daun salam dan daun jeruk, aduk rata, tunggu sampai harum, dan menguning..
  7. Sambil menunggu kuah soto dibuat, cuci bersih, kemudian rebus bahan sayur seperti tauge, dan bihun. Untuk kol, tomat, jeruk nipis, di cuci bersih saja. Iriskan sayur kol dan tomat, dan taruh seluruh bahan sayur di wadah yang siap disajikan..
  8. Sambil menunggu kuah soto dibuat, saatnya membuat sambal soto. Cuci bersih cabai matang yang sudah direbus. Ulek cabai, kemudian disajikan. Jangan pakai bumbu apa-apa ya. Sambal soto siap disajikan..
  9. Kembali untuk resep kuah soto, tunggu sampai mendidih, boleh campurkan tulang dari ayam suir. Agar kuah semakin berasa lebih pekat, maka perlu dicampuri dengan tulang ayam..
  10. Sekiranya semua bumbu sudah meresap, campurkan daun bawang yang sudah diiriskan ke dalam kuah soto. Kuah soto bisa dicicipi dan segera siap disajikan..
  11. Saatnya plating untuk 1 porsi soto ayam. Ambil mangkuk, campurkan bihun yg sudah matang, tauge, irisan kentang goreng, ayam suir, dan bawang goreng. Tambahkan kuah soto yg sudah matang. Tambahkan irisan jeruk nipis, sambal matang (selera). Soto ayam spesial resep ibu sudah siap dinikmati. Selamat mencoba✨😍.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Soto Ayam Spesial Resep Ibu Kekinian"

Posting Komentar