Resep Sop Ubi Khas Makassar Anti Ribet

Sop Ubi Khas Makassar. Sop Ubi Datumuseng adalah salah satu kuliner Makassar yang termasuk paling dicari oleh pengunjung, baik masyarakat kota Makassar ataupun Pengunjung daerah. Masakan rumahan khas Makassar ini rasanya lezat dan gurih, lho. Uniknya sop ini disantap bersama ubi, bukan nasi.

Sop Ubi Khas Makassar Sop ubi lebih dikenal dengan sebutan sop ubi lorong karena. Places Makassar RestaurantAsian RestaurantIndonesian Restaurant Sop Ubi dan Soto Banjar Bung. Makanan khas Makassar yang unik ini umumnya dihidangkan tanpa nasi. Cara membuatnya cukup mudah Sop Ubi Khas Makassar menggunakan 22 bahan dan 11 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Sop Ubi Khas Makassar

  1. Siapkan Ubi (Singkong) goreng, potong2 kecil.
  2. Siapkan 1/4 daging /tulangan.
  3. Dibutuhkan 2-3 liter air (sesuai kebutuhan).
  4. Siapkan 1 ruas jahe yg di memarkan (opsional).
  5. Siapkan kecamba (touge) secupnya.
  6. Siapkan Soun/mihun/Laksa secupnya.
  7. Siapkan garam.
  8. Siapkan kaldu bubuk.
  9. Dibutuhkan gula.
  10. Siapkan micin (opsional).
  11. Dibutuhkan Bumbu Halus :.
  12. Siapkan 6-7 siung bawang merah(ukuran besar).
  13. Siapkan 3-4 siung bawang merah.
  14. Siapkan 2 sdk teh merica (kalau pedis bisa d tambah).
  15. Dibutuhkan Bahan pelengkap :.
  16. Siapkan Daun sop/daun bawang.
  17. Siapkan Bawang goreng.
  18. Dibutuhkan Kacang goreng.
  19. Dibutuhkan Telur rebus.
  20. Dibutuhkan Sambel.
  21. Siapkan Jeruk nipis.
  22. Siapkan Kecap manis.

Pasalnya, sop ubi sudah bisa menahan rasa lapar perut untuk beberapa jam karena mengandung karbohidrat tinggi yang diperoleh dari ubi. Sup ubi adalah salah satu kuliner khas Makassar, cuma sayang sekali sup ubi ini kalah populer dengan coto, konro dan pisang ijo. Makanan sup ubi ini berbentuk sop dengan kuah kuning mirip soto terbuat dari kaldu ayam dan rempah-rempah yang memang mirip soto. Masakan khas Sulawesi Selatan memang tidak akan pernah berhenti menggoda para penggemar makanan.

Cara Pembuatan Sop Ubi Khas Makassar

  1. Siapkan ubi (singkong) yang telah d goreng, dan potong kotak2/sesuai selera..sisihkan.
  2. Panask air sampai mendidih,matikan api masukkan kecamba/tauge sebentar aja angkat dan tiriskan..sisihkan.
  3. Rendam mihun/soung/laksa sampai lembut (saya rendamnya pakai air dingin aja,biar enggak terlalu benyek/agak kokoh)..sisihkan.
  4. Rebus utuh daging dengan 2-3 liter air (ini tergantung kebutuhan kaldu yg kita inginkan yach) bersama jahe sampai empuk, angkat tiriskan dan potong kotak2..Sisihkan..
  5. Tumis bumbu halus, hingga wangi, masukkan ke dalam kaldu daging, masukkan garam, gula,penyedap, tes rasa.. masak hingga kaldu kembali mendidih. Kaldu siap di gunakan..
  6. Tata di mangkok dgn urutan, ubi, mihun/Soung/laksa, kecamba/wortel kemudian beri potongan daging/tulangan,lalu tuang kauhnya..kemudian lengkapi dgn taburan daun sop,bawang goreng,kacang tanah..
  7. Sop Ubi (Singkong) Siap d santap.
  8. Jgn lupa makannya pakai sambel dan jeruk nipis, pakai kecap bagi yg suka.
  9. Selamat mencoba.
  10. Catatan 1 : banyaknya daging sesuai kebutuhan aja yach. 1/4 kg daging itu bisa jd porsi yang byk, dagingx potong kotak halus2 aja..langsung campur di kaldu.Begitu juga dgn kecamba,dan mihunnya sesuaikan dgn kebutuhan.
  11. Catatan 2 : Jika air kaldu di lebih otomatis bumbu halus juga hrs d tambah.

Selain menu-menu legendaris seperti coto, pallu mara, sop saudara, dan banyak lainnya; tentu ada satu yang tidak boleh ketinggalan. Itulah dia sop konro, atau iga sapi yang dimasak dengan. Hidangan khas Makassar yang kedua ada, Sop Saudara. Kalau kamu tengah berlibur ke Makassar, ada banyak warung penjual Sop Ubi yang bisa kamu datangi. Salah satunya, Sop Ubi Datumuseng yang terletak di jalan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sop Ubi Khas Makassar Anti Ribet"

Posting Komentar