Langkah Membuat Bubur biji salak tepung ketan Untuk Pemula

Bubur biji salak tepung ketan. Suasana ramadhan kangen sama menu takjil biji salak. Karena gak punya ubi jadi saya ganti dg tepung ketan. Masak kembali larutan gula hingga mendidih.

Bubur biji salak tepung ketan Masukkan larutan tepung maizena, maaak hingga santan mengental. Sajikan bubur dengan saus santan diatasnya. SHUTTERSTOCK/SITI MUTMAINAH Ilustrasi bubur biji salak, terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, tepung beras, dan santan. Cara membuatnya cukup mudah Bubur biji salak tepung ketan menggunakan 11 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Bubur biji salak tepung ketan

  1. Siapkan 250 gram tepung ketan.
  2. Dibutuhkan 200 gram gula merah.
  3. Siapkan 50 gram gula putih.
  4. Dibutuhkan 4 sdm tepung tapioka.
  5. Siapkan 200 ml air untuk adonan.
  6. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan.
  7. Siapkan 1 liter air untuk rebusan.
  8. Dibutuhkan Bahan kuah santan.
  9. Dibutuhkan 1 sachet kara.
  10. Dibutuhkan 1 lembar daun pandan.
  11. Siapkan sejumput garam.

Cara membuat biji salak Langkah membuat biji salak cukup sederhana, pertama kupas ubi kuning, rebus sampai matang, lalu haluskan dan dinginkan dalam wadah. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan. Sajian ini populer disantap sebagai takjil buka puasa di bulan Ramadan.

Langkah Pembuatan Bubur biji salak tepung ketan

  1. Masukkan tepung ketan dalam wadah beri air sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai kalis jangan terlalu lembek ya ntar susah buat di pulung jika di rasa kurang kalis boleh di tambah air,setelah kalis buat bulatan sebesar kelereng taruh di wadah yg sudah di taburi tepung ketan biar tidak menempel satu sama lain dan sisihkan..
  2. Rebus air bersama gula merah sampai mendidih lalu saring agar kotoran di gula tidak terbawa..
  3. Jika sudah di saring didihkan lagi gula merah dengan api kecil dan masukkan bulatan adonan tepung tadi tunggu hingga bulatan mengapung aduk rata terakhir tambahkan tepung tapioka yang sudah di larutkan dengan air sambil di aduk jika di rasa berat waktu mengaduk dan adonan menjadi bening tandanya sudah matang..
  4. Rebus santan kara dan daun pandan serta sedikit garam tambahkan air kira" 150 ml tunggu hingga mulai mendidih matikan api dan kuah siap..

Kukus ubi hingga matang, haluskan saat masih panas lalu campur dengan tepung sagunya. Uleni hingga rata dengan tangan hingga siap dipulung. Didihkan air untuk merebus biji salaknya. Segera angkat ya, jangan kelamaan nanti biji salak. Lihat juga resep Candil tepung beras ketan enak lainnya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Bubur biji salak tepung ketan Untuk Pemula"

Posting Komentar