Cara Memasak Sate Maranggi Yang Gurih

Sate Maranggi. Sate maranggi (Aksara Sunda Baku: ᮞᮒᮦ ᮙᮛᮀᮌᮤ, Sunda: Saté Maranggi) adalah makanan asli Indonesia yang biasa ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Lengkap dengan cara membuat bumbu sate maranggi asli khas Sunda. Beragam jenis sate dimiliki oleh negeri kita Indonesia ini.

Sate Maranggi Sate Maranggi memang terkenal sebagai kuliner khas Purwakarta, tapi saat ini masyarakat Purwakarta telah banyak yang membuka kedai sate di sebagian besar Jawa Barat. Sate Maranggi Cibungur Purwakarta ini rasanya cuma alasan satu-satunya yang bikin saya dan keluarga rela keluar tol dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandung. Sate maranggi khas Sunda biasa disajikan tanpa siraman saus atau bumbu kacang. Cara membuatnya tidak sulit Sate Maranggi menggunakan 15 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sate Maranggi

  1. Siapkan 500 gr daging sapi.
  2. Siapkan 100 gr lemak sapi (resep asli tdk).
  3. Siapkan 2 lbr daun pepaya.
  4. Dibutuhkan Bumbu marinasi.
  5. Siapkan 2 siung bawang putih.
  6. Siapkan 2 cm kunyit.
  7. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  8. Siapkan 1/2 sdt jintan.
  9. Dibutuhkan 1 sdt lada bubuk.
  10. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  11. Dibutuhkan 3 sdm kecap manis.
  12. Dibutuhkan 2 sdm minyak goreng.
  13. Siapkan Pelengkap.
  14. Dibutuhkan Saus kacang (selera).
  15. Dibutuhkan Tusuk sate (jangan lupa 😊).

Sebab, citarasa dagingnya sudah cukup kuat dari hasil marinasi (rendaman) bersama racikan bumbu dan rempah. Keistimewaan Sate Maranggi memang tak lagi diragukan. Sate ini memiliki citarasa yang begitu Lantas bagaimana asal usul Sate Maranggi? Tak banyak orang yang tahu, jika Sate Maranggi.

Langkah Pembuatan Sate Maranggi

  1. Haluskan semua bumbu marinasi kecuali kecap dan minyak goreng..
  2. Cuci bersih daging dan lemak sapi, potong ukuran sate. Campur daging dg bumbu, remas². Lalu tusuk selang seling daging dan lemak. Lakukan hingga habis. Bungkus sate dg daun pepaya selama ±2 jam dlm kulkas..
  3. Buka daun pepaya. Bakar sate diatas bara atau wajan anti lengket sampai kecoklatan. Siap disajikan bersama saus kacang..

Alamat Sate Maranggi Purwakarta ini berada di Jl. Raya Cibungur, ruas jalan alternatif penghubung Jakarta-Bandung. Situ Gunung Waterfall & Suspension Bridge. Sate khas Purwakarta, Jawa barat ini biasanya dibuat dari daging Kambing atau Sapi. Bobo.id - Sate Maranggi merupakan sate asli Purawakarta yang terkenal dengan kelezatannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasak Sate Maranggi Yang Gurih"

Posting Komentar