Cara Membuat Cilok tempe/pentol tempe Untuk Pemula

Cilok tempe/pentol tempe. Kali ini MEMON'S KITCHEN Menyajikan menu jajanan unik yaitu Cilok Tempe Ini adalah resep Cilok yang unik karena menggunakan bahan campuran tempe… sehubungan. Bosan dengan tempe goreng, coba kreasikan tempe menjadi cilok. Cimol dan cilok sama-sama berasal dari Jawa Barat.

Cilok tempe/pentol tempe Cilok (Aksara Sunda Baku: แฎŽᮤแฎœᮧแฎŠ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Pentol Tempe Kriuk adalah makanan olahan dari tempe yang berbeda dari biasanya. Cara membuatnya tidak sulit Cilok tempe/pentol tempe menggunakan 10 bahan dan 2 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Cilok tempe/pentol tempe

  1. Siapkan 1/2 papan tempe uk.besar/1 papan uk.kecil(pilih yg tidak padat).
  2. Dibutuhkan 1 butir telur.
  3. Dibutuhkan 1 buah wortel.
  4. Dibutuhkan 2 batang daun bawang putihnya saja/2 siung bawang putih.
  5. Dibutuhkan 2 buah bawang merah goreng.
  6. Siapkan 1/2 sdt thyme leaves (boleh skip).
  7. Siapkan 1/2 sdt merica.
  8. Dibutuhkan 1/2 sdm garam.
  9. Dibutuhkan 1/2 sdm kaldu bubuk.
  10. Dibutuhkan 7-9 sdm tepung tapioka.

Pentol tempe ini hampir sama saja dengan pentol pada umumnya, namun bahan utamanya bukan daging, melainkan tempe. Bunda hanya perlu menyiapkan tempe dan Kobe Tepung Tempe Kriuk untuk bahan utamanya. Dan tampilannya pun berbeda dengan cilok didaerah lain. Resep pentol ini gw dapat dari teman yang kebetulan beliau sekarang lagi hijrah ke Birmingham sana.

Langkah Pembuatan Cilok tempe/pentol tempe

  1. Potong kecil tempe, masukkan ke food chopper/blender. Masukkan telur, bawang, garam, merica, kaldu bubuk. Proses hingga halus..
  2. Pindahkan ke wadah lain, masukkan thyme leaves, parutan wortel dan tepung tapioka. Aduk rata. Tekstur adonan tidak kalis dan tidak lembek, tetap bisa dipulung walau sedikit lengket. Bulatkan adonan. Rebus di air mendidih yg diberi sedikit minyak sampai mengapung. Angkat, tiriskan. Bisa langsung disajikan dengan saus kacang, saus sambal atau digoreng terlebih dahulu..

Aduh teh, setelah kemaren dari Seoul sekarang uda ke UK aja sih. Wawancara dengan Pedagang Cilok dan Pedagang Nasi Pecel Tumpang. Pecel berbahan dasar kacang tanah sedang tumpang lebih ke perpaduan tempe waras dan tempe bosok yang diracik dengan cabe rawit dan cabe besar dengan rempah-rempah lainnya. Resep Cilok Kuah Pedas Bumbu Seblak - Seblok enak pedas seuhah, seblak cilok merupakan varian seblak basah Bandung, bisa disebut juga Komposisi bahan berikut ini merupakan salah satu tips dan trik untuk membuat pentol cilok yang kenyal empuk dan lembut, serta tidak alot dan tidak lengket. Cara membuat cilok ini sangat sederhana tidak seperti membuat pentol bakso yang pakai daging karena bahannya tinggal dicampur tak perlu paka Ya hanya kebetulan karena gagal membuat pentol yang enak dari daging.,intinya sih tidak tau kalau pentol bakso yang enak itu ternyata dicampur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Cilok tempe/pentol tempe Untuk Pemula"

Posting Komentar