Resep Soto ayam santan Anti Ribet

Soto ayam santan. Soto ayam santan ala resto. foto: Instagram/@hennysgalley. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan Bedanya, soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan berwarna. Masakan soto ayam santan enak lezat sederhana bumbunya.

Soto ayam santan Kali ini Dapur Bu haji akan berbagi resep dan cara membuat soto ayam santan yang enak. Soto ayam dengan kuah santan yang sangat populer di Medan ini wajib untuk dicoba. Biasanya banyak yang menamainya soto ayam medan walaupun sebenarnya di daerah lain juga bisa ditemukan. Cara membuatnya tidak sulit Soto ayam santan menggunakan 23 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Soto ayam santan

  1. Siapkan Bahan isian soto.
  2. Siapkan 600 gram dada ayam.
  3. Dibutuhkan 350 gram toge.
  4. Dibutuhkan 350 gram kol.
  5. Dibutuhkan 4 buah daun bawang.
  6. Dibutuhkan 3 buah tomat.
  7. Siapkan 5 buah kentang.
  8. Dibutuhkan 4 butir telur (direbus).
  9. Siapkan Bumbu kuah soto (halus).
  10. Siapkan 1 buah kunyit (sangrai).
  11. Siapkan 2 buah kemiri (sangrai).
  12. Siapkan 5 siung bawang merah.
  13. Siapkan 4 siung bawang putih.
  14. Siapkan 1 sdm ketumbar.
  15. Siapkan 1 sdm lada.
  16. Dibutuhkan 1 bungkus santan kara.
  17. Dibutuhkan 500 ml air matang.
  18. Dibutuhkan Bumbu kuah soto (padat).
  19. Dibutuhkan 2 buah daun salam.
  20. Siapkan 2 buah daun jeruk.
  21. Siapkan 2 batang sereh (geprek).
  22. Dibutuhkan 1/2 ruas jari jahe (geprek).
  23. Siapkan 4 buah jeruk limo (ditambahkan ketika soto matang /hendak di santap).

RESEP BUMBU SOTO AYAM KUAH SANTAN KUNING. Masak apa ya hari ini, itulah pertanyaan yang sering terlontar hampir setiap harinya atau mencari ide apalagi untuk menu seminggu atau sebulan. Soto ayam santan tidak menggunakan tauge dan bihun sebagai pelengkap. Namun, memakai potongan kentang goreng, tomat, irisan daun bawang, dan tentunya irisan ayam.

Langkah Pembuatan Soto ayam santan

  1. Pembuatan Kuah soto : haluskan (bumbu kuah soto halus) menggunakan blender kemudian tumis bumbu, lalu masukan (bumbu kuah soto padat) tumis -+ 30 detik dengan api sedang, kemudian masukan 500ml air setelah 1 menit masukan 1 bungkus santan kara, garam, lada, bubuk jamur, gula, masak hingga matang / mendidih (jgn lupa koreksi rasa).
  2. Isian soto 1 - Ayam : rebus ayam menggunakan jahe, daun jeruk, daun salam, garam (sesuai selera) hingga matang kemudian diamkan selama 5 menit, lalu goreng ayam hingga kecoklatan, setelah matang tunggu beberapa saat lalu iris/cuil ayam menjadi kecil2 untuk isian soto.
  3. Isian soto 2 - Sayuran & telur : cuci bersih semua sayuran mulai toge, kol,daun bawang, tomat (iris sesuai selera kecuali toge tdk perlu di iris) dan kentang (iris sesuai selera lalu goreng hingga matang) terakhir rebus telur -+ 15 menit / hingga matang.
  4. Setelah kuah soto matang & isian soto lengkap, soto siap dihidangkan jangan lupa tambakan bawang goreng dan jeruk limo sebelum di santap agar rasa soto nya semakin enak :).

Resep Soto Ayam Santan yang enak ini bisa bikin makan malam jadi semakin istimewa dan Jadi tidak perlu takut gagal lagi kalau mau membuat Resep Soto Ayam Santan yang enak ini untuk menu. Dari berbagai jenis soto di atas, ada soto yang memakai santan, dan ada yang tidak memakai santan. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat soto ayam santan antara lain Soto ayam santan siap dihidangkan. Lengkapi soto dengan menghidangkan pula kecap manis Soto ayam bisa dihidangkan dengan nasi atau soto. Taruh terlebih dahulu nasi atau lontong ke dalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Soto ayam santan Anti Ribet"

Posting Komentar