Resep Roti gandum (metode autolisis) Kekinian

Roti gandum (metode autolisis). Kali ini aku bikin roti dengan metode autolisis atau autolyse. Metode autolyse itu adalah metode yang memberi jeda waktu utk. Roti gandum memiliki jumlah serat dan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan roti putih tawar.

Roti gandum (metode autolisis) Roti gandum memang merupakan menu ideal untuk sarapan. Sudah tahukan banyaknya manfaat roti gandum untuk kesehatan? Roti gandum digemari karena selain rasanya lezat, kandungan gizi roti gandum juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan. Cara membuatnya cukup mudah Roti gandum (metode autolisis) menggunakan 11 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Roti gandum (metode autolisis)

  1. Siapkan 350 gr tepung protein tinggi (CKE Emas) + 1 sdm saat mengulen dan membentuk ke loyang.
  2. Dibutuhkan 40 gr kulit ari gandum.
  3. Dibutuhkan 30 gr gula.
  4. Dibutuhkan 250 ml susu UHT.
  5. Dibutuhkan 4 gr ragi instant.
  6. Dibutuhkan 1/2 sendok teh garam.
  7. Dibutuhkan 1 butir telur diaduk, sisakan 1 sendok untuk olesan diatasnya.
  8. Dibutuhkan 50 gr mentega/butter.
  9. Siapkan 1 butir telur.
  10. Siapkan 1/2 sdt garam.
  11. Dibutuhkan toping : oat, wijen (optional).

Kendati roti gandum lebih bernutrisi, namun jangan sampai salah memilih agar memperoleh manfaatnya secara optimal. Berikut beberapa tips mengenali produk roti gandum utuh: Jangan tertipu oleh tampilan roti yang berwarna kecokelatan dengan label. Apalagi ketika roti baru saja keluar dari dalam Banyak cara atau metode yang digunakan dalam pembuatan roti untuk menghasilkan rasa dan bentuk yang berbeda. Berniat membuat roti yang sehat, saya memutuskan membuat roti gandum.

Langkah Pembuatan Roti gandum (metode autolisis)

  1. Autolisis : campur tepung pro tinggi, kulit ari gandum, gula pasir dan susu uht, aduk rata dengan spatula atau sendok...tutup dengan kain atau plastik biarkan 3-4 jam sampai gluten terbentuk.
  2. Setelah 3-4 jam, kita bisa test jika adonan ditarik mulai lentur (tanda gluten sudah terbentuk). Tambahkan ragi, telur kemudian ulenin hingga 1/2 kalis. Tambahkan butter dan garam, ulenin lagi hingga kalis. kemudian tutup dan biarkan 1-2 jam hingga double size..
  3. Setelah 1 jam, tinju adonan untuk membuang udara. Adonan lengket ya. Harus ada extra terigu untuk menghandle adonan..
  4. Transfer ke meja kerja yang sudah di taburi terigu. Uleni sebentar hanya supaya adonan mudah di bentuk. Pipihkan adonan dengan rolling pin suaikan dengan lebar loyang dan gulung, kemudian masukkan ke loyang. Tutup dengan kain atau cling wrap dan biarkan sampai double size..
  5. Panaskan oven suhu 180 derajat, kemudian setelah adonan roti mengembang double size...masukkan ke oven yang telah panas...panngang selama 20 menit dengan suhu 180 derajat dan kemudian turunkan menjadi 150 derajat dan panggang lagi selama 20 menit.

Kebetulan saya masih punya tepung gandum utuh (whole wheat) yang saya beli di Titan, toko bahan kue. Gandum (Triticum spp.) adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Merk roti gandum yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Ya, apalagi jika bukan Sari Roti Tawar Gandum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Roti gandum (metode autolisis) Kekinian"

Posting Komentar