Resep Gemblong tepung ketan Yang Enak

Gemblong tepung ketan. Ketan Gemblong adalah cemilan tradisional atau jajanan pasar yang mempunyai bentuk seperti bola lonjong yang dilumuri dengan gula merah atau besta dan terbuat dari tepung beras ketan dan ketan. Gemblong merupakan makanan tradisional yang dibuat dari ketan dan lapisan gula merah yang sangat legit. Yuk simak resep gemblong tersebut di sini.

Gemblong tepung ketan Resep Kue Gemblong Ketan, kue tradisional khas betawi,jawa , sunda,resep gemblong ketan hitam,resep gemblong ketan Kue gemblong terbuat dari bahan dasar tepung ketan putih,ketan. Kue gemblong pada bagian dalamnya terdapat campuran ketan dan kelapa. Pertama, buat adonan gemblong dengan mencampurkan tepung ketan putih, kelapa. Cara membuatnya cukup mudah Gemblong tepung ketan menggunakan 9 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Gemblong tepung ketan

  1. Siapkan 150 gram tepung ketan.
  2. Siapkan 25 gram tepung tapioka.
  3. Siapkan 150 gram kelapa parut.
  4. Dibutuhkan 1/2 sendok teh garam.
  5. Siapkan 125 ml santan hangat.
  6. Siapkan Untuk gulanya:.
  7. Dibutuhkan 3 biji gula merah bulat.
  8. Siapkan 50 ml air.
  9. Siapkan 100 gr gula pasir.

Dapet kiriman gemblong dari tetangga sebelah bikin anak rebutan sm emak nya, akhirnya coba deh bikin sendiri, alhamdulilah percobaan pertama bisa langsung sukses. Campurkan tepung ketan hitam dan ketan putih, kelapa parut dan garam lalu aduk rata. Masukkan santan hangat serta air jeruk nipis, aduk rata hingga adonan bisa. Klepon terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang diuleni sampai kalis.

Cara Pembuatan Gemblong tepung ketan

  1. Campur semua bahan jadi satu sampai kalis, bentuk bulat pipih, goreng dg api kecil, jng lama2 sampe agak kuning saja, takut meletus, tapi pastikan dalamnya matang. Angkat.
  2. Bikin gulanya: gula merah 3 biji +air 50 ml rebus sampe larut kemudian masukan gula putih 100 gr,masak hingga berserabut..
  3. Kalau gula sudah berserabut (seperti gulali) kecilkan kompor (dimatikan jg boleh),masukan ketannya, diaduk sampe gulanya menyelimuti. Angkat.
  4. Bikinnya gampang.. lumayan lama saat nunggu gulanya menjadi serabut.
  5. Selamat mencoba^^.

Gemblong adalah kue yang sangat familiar di kalangan masyarakat Betawi dan Sunda. Gemblong adalah salah satu jenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Gemblong Ketan Gula Merah I Resep Cara Buat I. sobat dapur. Kue Apem Pak Thong Ko Enak Kenyal Gampang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gemblong tepung ketan Yang Enak"

Posting Komentar