Resep Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan Untuk Pemula

Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan. Resep dan panduan membuat bubur sum sum cendil. Enak dan bertekstur lembut merupakan ciri khas bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Disajikan dengan kuah gula merah membuat bubur.

Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan Warnanya seperti sum sum tulang mungkin inilah sebab kenapa di namakan bubur sum sum. Untuk membuat bubur sum sum dengan warna hijau biasanya menggunakan daun suji atau pasta pandan. Cara penyajian bubur sum-sum ini mudah, Kamu hanya perlu siapkan mangkuk yang cantik, tuangkan bubur ke dalamnya lalu siramkan saus gula merah di atasnya. Cara membuatnya cukup mudah Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan menggunakan 12 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan

  1. Siapkan 10 sdm tepung ketan.
  2. Dibutuhkan 2 sdm tepung maizena.
  3. Dibutuhkan 1 bungkus santan instan.
  4. Dibutuhkan Sejumput garam.
  5. Dibutuhkan 2 sdm gula pasir.
  6. Siapkan 400 ml air.
  7. Siapkan 🍵Bahan Kuah :.
  8. Dibutuhkan 2 buah gula merah uk sedang.
  9. Dibutuhkan 2 sdm gula pasir.
  10. Dibutuhkan Sejumput garam.
  11. Siapkan 300 ml air.
  12. Siapkan 1 sdm maizena.

Bubur tepung beras atau sum-sum merupakan jajanan tradisional dari Jawa yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan gula jawa. Bubur sum-sum sangat enak dikonsumsi bila sedang bosan dengan nasi meski sebenarnya bubur sum-sum lebih tepat disebut camilan. Indonesian restaurant in Ayah, Jawa Tengah, Indonesia. Itulah cara membuat bubur sumsum dari tepung beras.

Langkah Pembuatan Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan

  1. Campur tepung ketan dan tepung maizena lalu larutkan dengan 200 ml air, tambahkan setetes pasta pandan lalu aduk rata hingga tdk bergerindil..
  2. Didihkan 200 ml air dengan santan instan, tambahkan garam dan gula, aduk rata..
  3. Lalu masukkan larutan tepung ketan, aduk2 rata hingga lembut dan bubur meletup-letup, matikan kompor..
  4. Bahan kuah: didihkan air, masak gula merah hingga larut, tambahkan garam dan gula pasir, lalu masukan tepung maizena yg di larutkan dengan sedikit air, kemudian aduk kembali hingga matang. Lalu matikan kompor. Saring kuah gula merah. Bubur sum2 ketan siap di sajikan dgn kuah gula..

Ada juga kreasi bubur sumsum lainnya. Tuang santan sedikit demi sedikit sembari diaduk. Ketan yang sering digunakan untuk membuat bubur ini adalah ketan hitam. Sebelum dimasak, ketan hitam harus dicuci hingga bersih dan direndam air selama lima jam. Ketan yang sudah matang kemudian disajikan dengan kuah santan yang telah direbus dengan daun pandan dan garam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bubur Sum Sum Pandan Tepung Ketan Untuk Pemula"

Posting Komentar