Langkah Membuat 181. Soto Ayam Khas Padang Yang Gurih

181. Soto Ayam Khas Padang. Padang merupakan salah satu tempat yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki hidangan khas berupa soto, terdapat juga soto khas Padang. Soto Padang menggunakan potongan daging sapi yang digoreng.

181. Soto Ayam Khas Padang Ayam kecap khas ampera padang. pertama bikin kayak ayam oli kotor (sindiran bos ke aku hehe) kedua bikin lumayan lah ketiga biki baru dapet. Jadi, setelah sekian lama makannya ayam balafo atau ayam gulai akhirnya bosen juga. Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Cara membuatnya tidak sulit 181. Soto Ayam Khas Padang menggunakan 33 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan 181. Soto Ayam Khas Padang

  1. Dibutuhkan 1/2 kg ayam bagian dada.
  2. Dibutuhkan 1300 ml air.
  3. Dibutuhkan 2 batang serai.
  4. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  5. Siapkan 2 lembar daun salam.
  6. Siapkan 1 lembar daun kunyit (saya skip karna kehabisan).
  7. Siapkan secukupnya garam dan kaldu bubuk.
  8. Siapkan 1 sdt merica bubuk.
  9. Dibutuhkan 1 sdm kari bubuk untuk soto padang (boleh di skip).
  10. Dibutuhkan secukupnya minyak goreng.
  11. Dibutuhkan ▶️ BUMBU HALUS:.
  12. Dibutuhkan 6 siung bawang merah.
  13. Dibutuhkan 5 siung bawang putih.
  14. Siapkan 1 ruas jari jahe.
  15. Siapkan 1 ruas jari kunyit.
  16. Siapkan 2 ruas jari lengkoas.
  17. Dibutuhkan 3 bh kapulaga.
  18. Dibutuhkan 1/2 batang kecil kayu manis.
  19. Siapkan 4 butir cengkeh.
  20. Siapkan 3 bh bunga lawang.
  21. Dibutuhkan 1 sdm ketumbar.
  22. Siapkan ▶️ CABE TUMIS (ini jangan di skip soto padang khas nya ini).
  23. Siapkan 8 bh cabe keriting.
  24. Dibutuhkan 3 siung bawang merah.
  25. Siapkan ▶️ PELENGKAP:.
  26. Siapkan kerupuk merah khas padang(kalau ga ada boleh ganti kerupuk lain).
  27. Siapkan perkedel kentang.
  28. Dibutuhkan bawang merah goreng.
  29. Dibutuhkan cuka / jeruk nipis.
  30. Dibutuhkan kecap manis.
  31. Siapkan irisan seledri.
  32. Siapkan bihun yang sudah di rendam air hangat sampai matang.
  33. Siapkan nasi putih / merah.

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Bicara tentang makanan khas Padang pasti kalian suka.

Cara Pembuatan 181. Soto Ayam Khas Padang

  1. Rebus Ayam dengan air yang telah di sediakan. rebus sampai mendidih, sambil membuang busa dari air kaldu nya dengan hati2. kalau ayam susah agak empuk. matikan api. sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi dengan sedikit minyak goreng. masukkan daun jeruk, serai, daun salam, daun kunyit.masak sampai bumbu agak berubah warna. matikan api..
  3. Salin bumbu ke dalam kaldu, aduk rata. masak kembali kaldu. dengan api sedang cenderung kecil saja. masukkan merica bubuk, kaldu bubuk, garam dan bubuk kari soto padang.koreksi rasa. lalu matikan api. sisihkan.. keluarkan daging ayam..
  4. Goreng ayam setengah matang jangan sampai terlalu kering agar tidak keras ketika di suwir. angkat, sisihkan. biarkan dingin, kemudian suwir-suwir..
  5. Untuk membuat cabe tumis, blender halus bawang merah dan cabe keriting sampai halus (tidak ada biji lagi) tumis dengan minyak susa menggoreng ayam tadi secukupnya aja dengan api sedang.. beri sedikit garam, masak sampai cabe berubah warna. (kalau sudah di matang kira-kira bentuk cabe nya seperti itu yaa yeorobun).
  6. Tata di mangkok nasi, bihun, suwir ayam, dan teman-teman pelengkapnya. siram dengan kuah kaldu yang sudah di panaskan. beri bawang merah, jangan lupa kerupuk merah nya yaaa.. 😁 khas padang yaaa kerupuk merah ini.. siap di santap selagi hangat.

Mulai dari nasi Padang hingga soto Padang semunya nikmat. Makanan khas Padang begitu kondang di Indonesia karena memiliki rasa khas gurih pedasnya. Bahkan diberbagai wilayah tak sulit mencari warung atau restoran khas Padang. Misalnya Soto Lamongan, Soto Kediri, Soto Madura, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Medan, Coto Makasar Untuk menghasilkan rasa khas resep soto lamongan asli, biasanya Soto Lamongan menggunakan ayam kampung muda. Khasiat.co.id - Soto ayam merupakan salah satu makanan berkuah dengan kaldu yang gurih, suwiran ayam, potongan telur rebus,serta gumpalan soun memang sungguh nikmat di santap kapan saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat 181. Soto Ayam Khas Padang Yang Gurih"

Posting Komentar