Langkah Memasak Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon Legit dan Nikmat

Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon. "Blakutak sebagai salah satu makanan khas Cirebon, maka dipilih menu nasi goreng dengan campuran blakutak, sehingga warna nasi Dijelaskannya, dinamakan aneka Nasi Goreng Pesisir karena bahan utama yang digunakan merupakan khas Cirebon. CUMI BLAKUTAK, Si Hitam Gurih Bikin Nagih Jangan lupa untuk cicipi makanan khas dari Cirebon yang lezat.

Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon Balakutak adalah salah satu masakan sejenis gulai cumi, cumi cumi yang digunakan adalah jenis cumi balakutak hitam (black) atau blakutak hideung yang biasanya disebut corak atau sotong yang mengeluarkan tinta. Rasa cumi blakutak yang jempolan membikin Dede Sopian, yang menjadi langganan kedai ini sejak lama, ketagihan. "Saya malah rela nunggu kalau Menurut Nur Wachid, anak Nur yang kini mengelola kedai, cara memasak cumi blakutak sederhana. Bumbunya antara lain bawang putih, cabai, garam. Cara membuatnya tidak susah Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon menggunakan 10 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon

  1. Dibutuhkan 1 kg Cumi Putih.
  2. Dibutuhkan Garam.
  3. Dibutuhkan Penyedap (aku pake masako).
  4. Dibutuhkan 5 siung Bawang putih.
  5. Dibutuhkan 5 siung Bawang merah.
  6. Siapkan 1 ruas jari Jahe.
  7. Dibutuhkan secukupnya Lada bubuk.
  8. Siapkan 1/2 gelas Air.
  9. Dibutuhkan Cabe rawit.
  10. Dibutuhkan Cabe merah.

Gara-gara survey materi untuk keperluan seri kamus bahasa saya malah jadi tahu kalau Cirebon ternyata memiliki bahasa daerah tersendiri. Padahal saya sudah pernah dua kali ke sana. Sama sekali tidak mendengar ada percakapan dengan kata-kata 'asing' di antara penduduk lokal yang saya temui. Cumi blakutak, Bumbu:, bawang putih, bawang merah, cabe ijo, cabe rawit pedas, Jahe geprek, Lengkuas geprek.

Cara Pembuatan Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon

  1. Bersihkan semua cumi putih sampe bersih, pisahkan beberapa tinta didalamnya ke dalam wadah kecil untuk nanti ikut dimasak (tips sedikit saja agar tidak pekat hitamnya).
  2. Potong-potong cumi jika berukuran besar atau sesuai selera.
  3. Tumis bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe merah dan jahe yg telah di iris tipis hingga wangi.
  4. Masukan cumi yg telah di potong potong, lalu bumbui dengan garam, lada bubuk dan penyeda rasa.
  5. Tuangkan air masak sampai penyusut airnya. (Jangan lupa koreksi rasa yaa bunda).
  6. Jika sudah menyusut angkat dan siap disajikan.

Makanan favorit yang di sajikan dengan nasi hangat, menu favorit juga kalau malan nasi jamblang cirebon 🤤 #weekendchallange #dirumahaja. Blakutak ini merupakan makhluk laut seperti cumi-cumi, namun dimasak bersama tintanya. Wisata Kuliner Empal gentong Khas Cirebon. Warung makan ini terletak di belokan lampu merah Krucuk - Siliwangi dan selalu ramai dikunjungi oleh para pelanggannya, terutama pada saat jam makan siang. Blakutak Tidak ada., absen dr jajaran menu kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Cumi ireng (Blakutak) khas cirebon Legit dan Nikmat"

Posting Komentar