Resep Bubur Biji Salak (tepung ketan) Yang Renyah

Bubur Biji Salak (tepung ketan). Bubur Biji Ketapang (in Sumatra) or Bubur Biji Salak (in Java). Both are the same sweet snack and made from sweet potato which I prefer translate into Sweet Potato Dumpling instead Salak (Salacca zalacca) is a palm tree (family Arecaceae) species native to Indonesia and known as snakefruit. Dari perngalaman KompasTravel, seringkali saat membeli biji salak justru tidak terbuat dari ubi jalar tetapi hanya tepung tapioka atau tepung beras ketan.

Bubur Biji Salak (tepung ketan) Bubur candil biasanya Dibuat dengan tepung ketan,tp ada pula yg dibuat dengan tepung kanji atau tapioka dan campuran Umbi-umbian. Umumnya satu porsi kolak biji salak ubi yang terkenal sebagai sajian takjil menu buka puasa ini dijual seribu hingga lima ribu rupiah. Harga yang bervariasi tergantung isian yang digunakan. Cara membuatnya tidak sulit Bubur Biji Salak (tepung ketan) menggunakan 8 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Bubur Biji Salak (tepung ketan)

  1. Dibutuhkan 1500 ml air.
  2. Siapkan 250 gr gula merah.
  3. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  4. Dibutuhkan 250 gr tepung ketan (uleni dg air sampe bs dipulung/dibentuk).
  5. Siapkan 250 ml santan kental (direbus).
  6. Dibutuhkan Pengental:.
  7. Dibutuhkan 150 gr tepung sagu/ kanji.
  8. Dibutuhkan 200 ml air.

Untuk harga lima ribu rupiah umumnya berisi kolak biji salak komplit dengan bubur pacar cina dan juga bubur. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan. Tepung Kanji atau biasa disebut juga tepung.

Langkah Pembuatan Bubur Biji Salak (tepung ketan)

  1. Rebus gula merah bersama air hingga larut dan mendidih, tambahkan sedikit garam.
  2. Masukkan tepung ketan yg dibulatkan kecil2 ke dalam air gula. Rebus hingga mengapung dan matang.
  3. Bila semua sudah mengapung dan matang, kecilkan api. Masukkan larutan tepung kanji, aduk cepat. Matika api.
  4. Rebus santan kental dengan api kecil hingga mendidih, jangan lupa utk sering2 diaduk agar tidak pecah.
  5. Sajikan bubur biji salak di dalam mangkuk, tambahkan santan di atasnya. Siap dihidangkan.

Hasil pencarian untuk biji salak. biji salak tepung ketan. tepung tapioka (kanji). ubi rambat, tepung sagu, gula halus, garam, air hangat, Bahan bubur, tepung sagu, air. Bubur candil merupakan salah satu menu favorit dalam hidangan buka puasa. Makanan berbentuk bulat-bulat yang disebut juga biji salak ini berbahan tepung ketan dengan kuah manis gula merah yang segar serta siraman saus santan yang gurih. Candil tepung ketan juga biasa disebut dengan nama lain dari bubur biji salak atau kolak biji salak, karena bentuk dan ukurannya yang bulat menyerupai biji salak. Candil tepung ketan sangat banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang khas dan nikmat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bubur Biji Salak (tepung ketan) Yang Renyah"

Posting Komentar