Resep Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas Legit dan Nikmat

Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas. Ayam Asam Manis ala restoran China versi rumahan. Dengan bahan seadanya hasilnya istimewa seperti yang di rumah makan china. Khusus untuk Ayam Kuluyuk, sausnya memiliki rasa asam manis.

Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas Bagi sebagian orang, mungkin ayam kuluyuk masih terdengar asing. Sajian dari daging ayam yang dipotong lalu digoreng tepung dengan siraman saus nanas segar ini merupakan makanan khas Tiongkok. Ayam kuluyuk sebaiknya disajikan dengan menggunakan nasi hangat agar lebih nikmat. Cara membuatnya tidak susah Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas menggunakan 21 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas

  1. Dibutuhkan 1/2 kg dada ayam fillet.
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  3. Siapkan 1 butir telur kocok lepas.
  4. Siapkan 5 sdm tepung maizena.
  5. Dibutuhkan Bahan Marinasi Ayam.
  6. Siapkan 2 sdm kecap asin.
  7. Dibutuhkan 1 sdm gula pasir.
  8. Siapkan 1 sdm minyak wijen.
  9. Siapkan Bahan Bumbu Masakan.
  10. Siapkan 1/2 siung bawang bombay.
  11. Dibutuhkan 1 siung bawang putih (tambahan saya).
  12. Dibutuhkan 3 buah cabe rawit (tambahan saya).
  13. Dibutuhkan 1 buah paprika merah&hijau (saya skip).
  14. Dibutuhkan 2 sdm kecap manis.
  15. Siapkan 1 sdm cuka makan.
  16. Siapkan 4 sdm saus tomat.
  17. Siapkan 1 sdm saus sambal.
  18. Dibutuhkan 1/2 sdt garam dan gula.
  19. Siapkan 1 potong nanas madu (saya nanas biasa).
  20. Siapkan 2 sdm minyak untuk menumis.
  21. Siapkan Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Ayam Kuluyuk sebenarnya ayam balur tepung yang disiram dengan saus asam-manis. Resep Kuluyuk Kakap Nanas enak dan mudah untuk dibuat. Kuluyuk umumnya terbuat dari fillet (irisan daging tanpa tulang) kakap atau ayam, kemudian digulingkan pada tepung kanji atau terigu dan disiram kuah asam manis. Olahan ayam yang disebut ayam kuluyuk atau ayam koloke ini menjadi salah satu sajian favorit di restoran Chinese food.

Cara Pembuatan Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas

  1. Siapkan semua bahan. Pertama marinasi dulu dada ayamnya. Cuci bersih, kucuri jeruk nipis, diamkan 5 menit, bilas. Potong dadu dada ayam, lalu tambahkan semua bumbu marinasi, aduk rata. Simpan dalam kulkas minimal 30 menit. Potong dadu nanas, sisihkan..
  2. Keluarkan ayam, tambahkan telur kocok dan tepung maizena, aduk rata. Goreng dalam minyak panas sampai matang berwarna kecoklatan. Angkat tiriskan..
  3. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabe rawit sampai harum. Masukkan kecap, cuka, saus-saus, garam, dan gula. Koreksi rasa. Jika sudah pas, masukkan ayam dan nanas, aduk rata. Angkat siap disajikan..

Buah nanas tak hanya bisa disantap sebagai pencuci mulut lho. Buah nanas dengan rasa yang manis asam juga bisa ditambahkan ke dalam masakan. Kalau di telusuri konon resep ayam koloke saus asam manis punya julukan ayam kuluyuk berasal dari orang cina yang ingin menyebutkan kruyuk-kruyuk ketika perut lapar. Resep Ayam Kuluyuk Nutri Sari Simpel Ayam Asam Manis. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay, bawang putih, cabai merah, dan nanas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Ayam Kuluyuk / Ayam Nanas Legit dan Nikmat"

Posting Komentar