Resep (Rencananya) Roti Tawar GFF Anti Ribet

(Rencananya) Roti Tawar GFF.

(Rencananya) Roti Tawar GFF Cara membuatnya tidak sulit (Rencananya) Roti Tawar GFF menggunakan 18 bahan dan 10 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan (Rencananya) Roti Tawar GFF

  1. Dibutuhkan Adonan kering.
  2. Dibutuhkan 10 sdm tepung mocaf.
  3. Siapkan 9 sdm tepung tapioka.
  4. Dibutuhkan 24 sdm tepung beras.
  5. Dibutuhkan 5 sdm tepung maizena.
  6. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  7. Dibutuhkan Adonan basah.
  8. Siapkan 2 sdm mentega/margarin cair.
  9. Siapkan 3 butir telur.
  10. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  11. Siapkan 1 sdt cuka apel.
  12. Siapkan 3 sdm EVOO.
  13. Dibutuhkan Pengembang.
  14. Siapkan 9 gr ragi instan.
  15. Siapkan 60 ml air hangat.
  16. Dibutuhkan 38 gr gula pasir.
  17. Dibutuhkan 270 ml susu hangat (sy: susu bubuk diseduh).
  18. Dibutuhkan 1 sdm chia seed (opt).

Langkah Pembuatan (Rencananya) Roti Tawar GFF

  1. Pertama, buat dahulu pengembangnya. Pastikan suhu air ataupun susu tidak terlalu panas agar ragi tidak mati. Jika air menjadi berbuih atau mengembang, maka ragi masih aktif dan siap dipakai. Durasi waktu mengembangnya sekitar 3 sampai 5 min..
  2. Campurkan semua bahan adonan kering sampai tercampur rata..
  3. Masukan Pengembang ke dalam wadah yang nggak besar, lalu tuangkan susu, dan aduk dengan mixer kecepatan rendah. Setelah tercampur rata, masukan adonan basah..
  4. Setelah rata, masukan perlahan lahan adonan satu. Campurkan sebentar dengan sendok. Jika semua tepung sudah tenggelam, baru aduk dengan mixer kecepatan sedang lalu tinggi..
  5. Setelah adonan kental, diamkan selama setengah jam. Kalau saya tadi kelupaan, jadi satu jam. Hasilnya adonan sangat mengembang sampai luber πŸ˜‚.
  6. Panaskan Teflon dan Kukusan. Di resep kali ini, saya jg sekaligus membandingkan hasil dari Teflon dan Kukusan 😁 masukkan adonan ke loyang yg sudah diolesi margarin agar tidak lengket. Untuk Teflon, gunakan api yang sangat kecil. Adapun Kukusan, gunakan api besar terlebih dahulu, lalu api sedang..
  7. Tusuk dengan garpu setelah setengah jam. Jika tidak ada adonan yang menempel, artinya sudah matang. Untuk adonan di Teflon, matang sekitar 40-45 min. Untuk di Kukusan, karena memang lebih sedikit juga adonannya, setengah jam sudah matang..
  8. Ini hasil dari adonan yang Dikukus. Saya memakai Mangkuk alumunium berbentuk bulat. Teksturnya menul-menul, dan sedikit basah Kalau dibandingkan dengan roti tawar biasa. Rasanya lumayan mirip meski terlalu tawar (fyi: roti tawar juga pakai gula lho).
  9. Ini hasil adonan yang dipanggang di Teflon. Tidak jauh beda dengan yang Dikukus, hanya saja pori-porinya sedikit lebih besar daripada yang Dikukus dan sedikit lebih kering..
  10. Penampakan lebih jelasnya setelah diiris.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep (Rencananya) Roti Tawar GFF Anti Ribet"

Posting Komentar