Resep Pelasan Tongkol khas Banyuwangi Kekinian

Pelasan Tongkol khas Banyuwangi. Resep Pelasan, salah satu hidangan khas Jawa Barat, tepatnya Banyuwangi, yang cocok kita sajikan untuk pelengkap makan siang. Resep Pelas Tongkol Jawa Cara Bikin Pelas Pelasan Tongkol. Lihat juga resep Pelasan (pepes) Tongkol Khas Malang enak lainnya.

Pelasan Tongkol khas Banyuwangi Pepes Ikan Mas khas Jawa Barat. Asam padeh merupakan kuliner khas Padang yang digemari oleh banyak orang. Makanan ini kaya akan nutrisi di dalamnya. Cara membuatnya tidak susah Pelasan Tongkol khas Banyuwangi menggunakan 16 bahan dan 4 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Pelasan Tongkol khas Banyuwangi

  1. Dibutuhkan Bahan Utama (marinate):.
  2. Siapkan 2 besek Ikan Tongkol Tuna (dipotong kotak kotak).
  3. Siapkan 1 biji Jeruk Nipis.
  4. Dibutuhkan Secukupnya Garam.
  5. Siapkan Bahan Pelengkap:.
  6. Siapkan 4 lembar Daun Salam.
  7. Siapkan 1 buah Tomat iris jadi 4 bagian.
  8. Dibutuhkan 2 biji Lombok Kecil.
  9. Siapkan 2 lembar Daun Pisang.
  10. Dibutuhkan Secukupnya Lidi untuk menyemat.
  11. Siapkan Bumbu Halus :.
  12. Siapkan 8 buah Lombok Merah Besar.
  13. Siapkan 2 buah Tomat Merah.
  14. Siapkan 3 buah Gula Jawa.
  15. Dibutuhkan 2 sdm Air Asam Jawa.
  16. Dibutuhkan Secukupnya Garam.

Nutrisi tersebut berasal dari bahan-bahan yang digunakan mengingat makanan yang satu ini sering disajikan atau dibuat dengan menggunakan bahan ikan tongkol. Harga Ikan Tongkol - Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan tongkol yang terbilang murah menjadi alasan utamanya. Banyak orang menyukai ikan tongkol karena rasanya yang enak dan banyak mengandung protein.

Cara Pembuatan Pelasan Tongkol khas Banyuwangi

  1. Marinate ikan tongkol yang sudah dipotong kotak kotak dengan perasan jeruk nipis dan air garam diamkan sampai 10 menit...
  2. Siapkan bumbu halus dengan diblender tambahkan air sedikit saja agar mudah memblender...
  3. Siapkan daun pisang yang sudah dialumkan di api agar mudah dilipat..taruh ikan tongkol diatas daun pisang..kemudian taruh bumbu halus diatasnya kemudian beri daun salam, tomat iris dan lombok kecil..gulung kemudian disemat dengan lidi...
  4. Saatnya dikukus..kukus hingga 15 menit kemudian bakar di atas teflon hingga kering..dan siap disajikan...

Resep Rendang Ikan Tongkol ini adalah variasi yang tak kalah menarik dari rendang daging sapi. Yuk, belanja ikan tongkol segar ke pasar! Atau sedang merencanakan liburan ke Banyuwangi? Tidak akan pernah lengkap rasanya jika mengunjungi Banyuwangi tanpa sego (nasi) tempong. Ya, kuliner khas ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pelasan Tongkol khas Banyuwangi Kekinian"

Posting Komentar