Langkah Membuat Cendol Dawet tepung beras Kekinian

Cendol Dawet tepung beras. Cendol /dawet tepung beras anti gagal. Inilah Resep membuat tepung cendol lembut dan kenyal dari tepung beras - minuman manis segar yang enak. Siapa sih yang tak mengenal cendol?….

Cendol Dawet tepung beras Bahan - Bahan Untuk Membuat Cendol Dawet Ayun Yang Lembut dan Lezat. Bahan utama cendol terbuat pada umumnya terbuat dari tepung beras dan warna hijaunya berasal dari sari daun panda dan daun suji, pembuatannya sangat. Hidangan es cendol yang satu ini sangat cocok jika diminum saat siang hari yang panas dan terik. Cara membuatnya tidak sulit Cendol Dawet tepung beras menggunakan 16 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Cendol Dawet tepung beras

  1. Dibutuhkan Cendol.
  2. Dibutuhkan 12 sendok tepung beras.
  3. Dibutuhkan 3 sendok tepung maizena.
  4. Siapkan 4 lembar daun pandan.
  5. Siapkan 600 ml air.
  6. Siapkan 1/2 sdt garam.
  7. Siapkan Kuah santan.
  8. Siapkan 600 ml santan.
  9. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  10. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  11. Siapkan 1 sdm tepung maizena.
  12. Dibutuhkan Cairan gula.
  13. Siapkan 200 gram gula aren.
  14. Dibutuhkan 1 sdm gula putih.
  15. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  16. Dibutuhkan 1 lembar daun pandan.

Minuman segar yang dikenal dengan sebutan es dawet ini, terbuat dari bahan dasar tepung hunkwe dan tepung beras yang diberi warna hijau dari pasta pandan. Di Banjarnegara, cendol dikenal dengan dawet ayu. Dawet memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan cendol karena bahan dasarnya berupa tepung beras. Beberapa varian cendol dibedakan atas tempat, bahan dasar serta varian rasa.

Cara Pembuatan Cendol Dawet tepung beras

  1. Potong2 daun pandan lalu blender dan saring ampas nya..
  2. Masukkan bahan tepung dalam laruta pandan lalu aduk sampai merata dan panaskan. Proses pemanasan dg api paling kecil sambil terus diaduk. Jika adonan sudah mulai berat aduknya semakin cepat. Dan adonan sdh bisa diangkat.
  3. Masukkan adonan dlm plastik segitiga yg ujungnya di gunting. Lalu tekan2 sampai membentik cendol. Karna adonan masih panas saya memakai lap kain. Klo punya cetakan cendol bisa lebih cepat dan adonan lebih rapi.
  4. Campur semua bahan cairan gula lalu rebus sampai mendidih, sisihkan.
  5. Campur semua bahan kuah kecuali tepung maizena. Ambil campuran bahan kuah 1/2 gelas lalu campur dg tepung maizena di mangkuk..
  6. Rebus bahan kuah santan sampai panas. Setelah panas masukkan campuran maizena dan santan aduk lagi sampai mendidih. Tujuan memakai tepung adalah agar santan tidak pecah dan terlihat lebih kental.
  7. Sajikan di gelas dengan menuang cendol, gula, dan kuah santan. Bisa juga di tambahkan es batu.

Jika cendol terbuat dari tepung hunkwe, maka dawet terbuat dari tepung beras atau ketan dengan disajikan bersama dengan kuah santan dan gula jawa cair. Proses pembuatan dan bahan pewarna antara cendol dan dawet hampir sama, hanya saja untuk dawet proses pencetakannya. Resep Es Cendol Tepung Beras Khas Bandung Sederhana Spesial Asli Enak yang dicampur dengan tepung hunkwe atau sagu aren. CARA MEMBUAT CENDOL LEMBUT, KENYAL DAN EMPUK : Campur tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih dan air daun suji. Campur semua bahan saus gula dan masak sampai mendidih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Cendol Dawet tepung beras Kekinian"

Posting Komentar