Langkah Membuat Sayur asem-asem jawa Untuk Pemula

Sayur asem-asem jawa. Sayur asem jawa tengah memakai bumbu yang cukup diiris saja, sehingga kuahnya lebih bening. Lihat juga resep Sayur Asem Suroboyo enak lainnya. Kol, Jagung Manis, Kacang Panjang, Daun Mlinjo, Mlinjo, Terong Kecil Hijau/Ungu, Labu Siam, Toge Kedelai.

Sayur asem-asem jawa Sayur asem merupakan hidangan sayur yang memiliki cita rasa gurih dengan kuah yang sedikit asem. Nah, dari banyaknya jenis atau variasi ada salah satu sayur asem yang tidak kalah nikmat dengan sayur asem yang lainnya yaitu sayur asem khas Jawa Tengah. Resep Sayur Asem - Sayur asem merupakan salah satu sayur yang mudah dimasak dan dihidangkan dalam waktu kapan saja. Cara membuatnya tidak sulit Sayur asem-asem jawa menggunakan 16 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sayur asem-asem jawa

  1. Siapkan 1 batang Jagung manis.
  2. Siapkan 1 ikat Kacang panjang.
  3. Siapkan 1 buah Wortel.
  4. Dibutuhkan 1 buah Labu Siam.
  5. Siapkan 4 lembar Daun melinjo.
  6. Dibutuhkan 1 buah Asem Jawa.
  7. Siapkan 1 ruas Lengkuas.
  8. Dibutuhkan secukupnya Gula merah.
  9. Dibutuhkan secukupnya Gula putih.
  10. Siapkan secukupnya Penyedap rasa.
  11. Dibutuhkan secukupnya Garam.
  12. Dibutuhkan Bumbu halus.
  13. Siapkan 5 bawang merah.
  14. Siapkan 3 bawah putih.
  15. Dibutuhkan Terasi (secukupnya).
  16. Dibutuhkan Garam (secukupnya).

Selain mudah dimasak, bahan-bahan dari resep sayur asem cukup mudah didapat dan tidak membutuhkan uang yang mahal-mahal. Dengan bahan bumbu utama berupa asem jawa atau asam mentah yang sudah coklat, sayur asem merupakan salah satu masakan tradisional khas Nusantara. Meskipun dari bahan sayuran sederhana dan alami, kuliner sayur asem menjadi salah satu hidangan masakan yang digemari banyak orang. Sayur asem jawa tengah memang hampir sama dengan sayur asem jakarta, sayur asem sunda atau sayur asem Aceh, sama-sama menggunakan asam jawa sebagai bumbu agar muncul rasa asemnya.

Langkah Pembuatan Sayur asem-asem jawa

  1. Potong- potong semua bahan sayuran dan cuci bersih.
  2. Didihkan air di panci.
  3. Setelah mendidih masukkan sayuran.
  4. Haluskan bumbu halus kemudian masukkan ke dalam panci.
  5. Masukkan asem jawa dan daun melinjo.
  6. Tambahkan gula merah, gula putih, garam dan penyedap.
  7. Cek rasa, jika sudah enak dan matang, matikan kompor..
  8. Sayur asem-asem siap disajikan..

Kuah bening asem sangat cocok sebagai menu makan siang hari. Sedangkan sayur asem jawa dan sunda, menggunakan buah asem kupas yang sudah tua (berwarna cokelat muda), sehingga kuah akan berwarna keruh. Sebagai tambahan, sayur asem sunda menggunakan kemiri yang ditumbuk halus bersama bumbu, sehingga akan terasa lebih gurih. Resep sayur asem banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, Sunda, dan Jawa Tengah. Masakan ini terkenal akan rasanya yang segar dan bahan-bahannya mudah didapat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Sayur asem-asem jawa Untuk Pemula"

Posting Komentar